Besok, Jokowi Akan Resmikan Pabrik Sagu Terbesar RI di Papua Barat

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Kamis, 31 Des 2015 09:50 WIB
Sorong -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan pabrik sagu bernilai Rp 112 miliar di Distrik Kais, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat pada 1 Januari 2016. Peresmian pabrik sagu terbesar di Indonesia milik Perum Perhutani ini dilakukan, setelah Jokowi merayakan tahun baru di Raja Ampat.

Dari pantauan detikFinance, ratusan aparat dari gabungan TNI telah bersiaga di pedalaman Sorong ini sejak beberapa haru lalu. Mereka bersiaga mengamankan kunjungan Jokowi. Pasukan dari Zeni TNI AD bersama kontraktor proyek pabrik sagu Perum Perhutani mempersiapkan hingga larut malam 3 titik helipad di area pabrik.

Spanduk menyambut kedatangan Jokowi juga telah terpasang di area pabrik seluas 8 hektar (ha) ini. Rencananya, Jokowi bersama rombongan akan terbang memakai 3 unit Helikopter Super Puma milik TNI AU.

Adapun proses produksi pabrik sagu itu direncanakan mulai Januari 2016.

"Serah terima proyek 31 Desember 2015 terus dilanjutkan commissioning (ujicoba atau penyelarasan mesin)," Kata Ketua Proyek Pabrik Sagu Perhutani, Gunarto di Pabrik Sagu, Kais, Sorong Selatan, Kamis (31/12/2015).

Saat ujicoba, pabrik sudah bisa menggiling dan mengolah batang sagu ukuran 1 meter (tual) yang dipasok oleh warga. Kapasitas pabrik sendiri mampu mengolah 6.000 tual dan menghasilkan tepung sagu kering 100 ton setiap harinya.

"Tahun 2015, produksi kita masih 50%, kita full produksi mulai 2017," Tambahnya.

(feb/hns)