Follow detikFinance
Rabu 05 Oct 2016, 20:26 WIB

Suzuki: Jualan Motor Tahun Ini Lebih Susah

Muhammad Idris - detikFinance
Suzuki: Jualan Motor Tahun Ini Lebih Susah Ilustrasi (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Pabrikan sepeda motor menyebut penjualan di 2016 ini sebagai tahun yang berat. Kondisi ini terjadi lantaran kondisi lesunya ekonomi yang belum pulih dari anjloknya harga komoditas.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang diwakili General Manager Marketing 2W, Yohan Yahya mengungkapkan, penurunan penjualan tahun ini paling besar berada di luar Pulau Jawa.

"Tahun ini jualan motor berat, lebih susah. Ini kebanyakan berada di luar Jawa, karena harga batubara, sawit, dan segala macam (harga) komoditas lagi nggak bagus. Kita realistis lah," kata Yahya ditemui di kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Tahun lalu, kata Yahya, Suzuki bisa menjual kendaraan roda dua sebesar 109.000 unit. Sementara periode Januari-Agustus 2016, pihaknya mencatatkan penjualan sepeda motor pasar domestik sebesar 41.360 unit, merosot dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 109.882 unit.

Menurut Yahya, penurunan penjualan motor juga dialami produsen motor lainnya. Selain itu tahun ini, pihaknya mengharapkan pembangunan infrastruktur bisa mengerek penjualan motor tahun ini.

"Kita harapannya ekonomi berputar dari pembangunan infrastruktur. Kita melihat tax amnesty kan cukup berhasil, saham-saham juga sekarang lagi hijau. Kita harapkan itu jadi perbaikan," jelas Yahya. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed