Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 16 Nov 2016 16:22 WIB

Mesin Pembuat Plastik Asal Korsel Ini Dipakai Pabrik Otomotif dan Elektronik

Yulida Medistiara - detikFinance
Foto: Yulida Medistiara
Jakarta - Pameran Plastics and Rubber Indonesia bergulir mulai 16-19 November 2016 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Salah satu mesin yang dipamerkan adalah Premium Two Platen seri DL A5 buatan perusahaan Korea Selatan (Korsel), Woojin Plaimm.

Mesin ini untuk memproduksi plastik berjenis mesin injection molding yang memproduksi barang-barang yang terbuat dari plastik. Misalnya cover tv, kursi, dan komponen kulkas.

"Mesin injection molding dari Korea untuk produksi komponen yang terbuat dari plastik," kata sales Woojin Plaimm, Hotma Sitanggang, di Jakarta International Expo, Jakarta Pusat, Rabu (26/11/2016).

Mesin ini dapat memproduksi komponen plastik yang dipakai oleh perusahaan otomotif seperti Astra Honda. Selain itu juga dipakai perusahaan elektronik yang memproduksi komponen plastik seperti Samsung dan Polytron.

"Perusahaan Astra Honda motor, dan elektroniknya itu semua komponen elektroniknya yang terbuat dari plastik seperti cashing. Polytron, Samsung pakai mesin ini. Ada juga Nissan tapi tidak beli langsung dari kami, dia pesan ke vendor lain untuk produksi bumper untuk Nissan," ujar Hotma.

Hotma menyebut mesin ini menggunakan teknologi terbaru yang disebut Two Platen yang dapat menghemat biaya energi. Energi listrik dapat dihemat hingga 45%, lebih efisien, dynamic smart injection, efficient hydraulic system, dan lebih cepat.

"Itu untuk efisiensi cost dan kondisi mesinnya lebih simpel atau ramping. Tapi justru spesifikasinya lebih baik dari segi kecepatan, presisi, dan cost energi saving. Tapi pemakaian listriknya bisa hemat 45%," kata Hotma.

Ia mengatakan, mesin ini dapat memproduksi produk plastik yang sesuai dengan cetakan yang didesain custom. Dengan demikian, produknya bisa mencetak beberapa macam jenis barang.

Kapasitas produksinya juga disesuaikan sesuai dengan kemampuan pemakai produk. Misalnya untuk memproduksi bumper Nissan kapasitasnya dapat memproduksi hingga 3.000 ton.

"Kita hanya produksi mesin saja untuk membuat suatu produk, cetakannya ada, tapi itu bisa di pakai tergantung pemakainya. Contohnya untuk otomotif bagian kaca spion, itu tergantung desainnya. Untuk produksi bumper Nissan misalnya kapasitas mesinnya bisa sampai 3.000 ton," kata Hotma. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com