Follow detikFinance
Kamis 08 Dec 2016, 19:40 WIB

Harga Gas untuk 3 Industri Turun, Sektor Lainnya Kapan?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Harga Gas untuk 3 Industri Turun, Sektor Lainnya Kapan? Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Menteri ESDM Ignasius Jonan telah menandatangani Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 40 Tahun 2016 Tentang Harga Gas Bumi untuk Industri Tertentu. Permen ini mengatur penurunan harga gas untuk 3 industri, yaitu industri pupuk, petrokimia, dan baja.

Ketiga industri tersebut mendapatkan prioritas penurunan harga gas karena akan memiliki dampak yang signifikan kepada sektor lainnya. Harga gas untuk 3 industri tersebut ditetapkan berada di bawah US$ 6 per MMBTU dan mulai berlaku 1 Januari 2017.

Sedangkan untuk sektor industri lain, menurut Jonan, penurunan harga gas tergantung kajian Kemenko Perekonomian dan Kementerian Keuangan. Dengan adanya penurunan harga gas, maka ikut mempengaruhi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Kalau sektor lain belum dibahas, tergantung Menko dan Menkeu inisiatif bagaimana. Karena ini kalau diturunkan terus PNBP mau dikurangi nggak, banyak kebijakan fiskal yang bergantung mereka," tutur Jonan di Gedung World Trade Center I, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Dirinya juga menunggu rekomendasi dari Menteri Perindustrian (Menperin) terkait penurunan harga gas ke industri lainnya. Jika ada rekomendasi, maka Kementerian ESDM dan instansi terkait akan melakukan kajian lebih dalam.

"Kami tunggu saja permintaan Menperin," tutur Jonan. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed