Follow detikFinance
Senin 13 Feb 2017, 13:37 WIB

Daya Jelajah 1.100 Km, Pesawat N245 Mampu Terbangi Rute-rute Ini

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Daya Jelajah 1.100 Km, Pesawat N245 Mampu Terbangi Rute-rute Ini Foto: Dok. PT Dirgantara Indonesia (PT DI)
Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) akan memproduksi pesawat N245 di tahun ini seiring sudah masuknya pengembangan pesawat ini ke Proyek Strategis Nasional (PSN). Pesawat ini nantinya memiliki kecepatan 270 knot atau sekitar 500 kilometer (km) per jam dengan daya jelajah 1.100 km.

Pesawat yang ditujukan untuk transportasi antar kota ini dikembangkan sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan konektivitas antar daerah.

Baca juga: Pesawat N245 Mampu Melesat Hingga 500 Km/Jam

"Kita ikuti amanat Presiden RI kita mesti menaikkan konektivitas melalui udara. Itu mau kita sambungkan kota-kota yang hari ini belum tersedia pesawat," kata Direktur Produksi PTDI Arie Wibowo saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Ia pun mencontohkan beberapa kota yang bisa dijangkau dengan adanya pesawat N245 nanti di 2020. Mulai dari kota-kota di Jawa, Sumatera, hingga Kalimantan.

"Jember-Surabaya, Jember-Malang ada daerah-daerah seperti Tanjung Bara-Balikpapan, kemudian Bali-Lombok, dan Kuching-Pontianak," ujar Arie.

Baca juga: Masuk Proyek Strategis Nasional, Pesawat N245 Diproduksi Tahun Ini

Pengembangan N245 memakan biaya hingga US$ 200 juta. Dalam tahap awal, PTDI akan membuat 3 prototipe pesawat N245.

"Itu kan ada pengembangan engineering kemudian pengadaan material dan peralatan infrastruktur untuk pembuatan dan itu kita produce 2-3 prototipe," tutup Arie. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed