Follow detikFinance
Jumat 03 Mar 2017, 16:45 WIB

Komponen Mobil Pedesaan Dipasok Industri Kecil dan Menengah

Muhammad Idris - detikFinance
Komponen Mobil Pedesaan Dipasok Industri Kecil dan Menengah Foto: Dok. Kementerian Perindustrian
Jakarta - Kemeterian Perindustrian (Kemenperin) terus mematangkan rancangan mobil pedesaan. Kendaraan multifungsi untuk petani tersebut nantinya akan dibanderol Rp 60 juta unit dan akan mulai dirilis pada Agustus mendatang.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kemenperin, Gati Wibawaningsih, mengatakan mobil pedesaan ini akan digarap pabrikan kendaraan, dan komponennya diupayakan dibuat oleh Industri Kecil Menengah.

"Jadi semua sektor industri bisa. Tapi saya jawab, mobil pedesaan ini nanti komponennya disuplai oleh IKM (Industri Kecil dan Menengah)," kata Gati di kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Kendati demikian, lanjut dia, desain dari prototipe mobil pedesaan sampai saat ini masih dirancang Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin.

"Jadi prototipe masih dibuat oleh Ditjen Ilmate. Nanti setelah jadi, kita bongkar mana-mana komponen yang bisa dikerjakan sendiri oleh IKM kita. Nanti mereka yang akan suplai," ujar Gati.

Menurutnya, mobil pedesaan ini nantinya akan mulai diperkenalkan pada Agustus nanti, dengan jumlah prototipe sebanyak 34 unit. Mobil pedesaan ini difungsikan untuk menggantikan kendaraan modifikasi petani yang dianggap tidak memenuhi standar keamanan. (idr/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed