Follow detikFinance
Kamis 09 Mar 2017, 09:26 WIB

Bukti Bangladesh Kepincut Kereta RI: INKA 3 Kali Menang Tender

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Bukti Bangladesh Kepincut Kereta RI: INKA 3 Kali Menang Tender Foto: Dok. PT INKA
Jakarta - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA akan memasok 250 kereta ke Bangladesh. Ini adalah ketiga kalinya INKA menggarap proyek pengadaan kereta api Bangladesh, setelah sebelumnya di 2012 dan 2014.

Senior Manager Humas Protokoler dan PKBL PT INKA, M. Choliq, menjelaskan, INKA sudah tiga kali menang proyek pengadaan kereta Bangladesh. Pertama, pada 2012 INKA menang kontrak pengadaan 50 gerbong kereta senilai Rp 775 miliar

Kedua, di 2014 INKA menang pengadaan 150 gerbong kereta senilai Rp 1,1 triliun. Ketiga, tahun ini INKA menang pengadaan 250 gerbong kereta Bangladesh senilai Rp 1,4 triliun.

"Bangladesh pesan kereta kelas eksekutif dan ekonomi," terang Choliq kepada detikFinance, Rabu (8/3/2017)

Dalam tender proyek ini INKA mampu menggeser produsen kereta dari China dan India.

"Pesaing kita China dan India kalah. China menang hanya sekali, tapi ternyata barangnya di Bangladesh andal punya INKA," kata Choliq.

Selain itu, Choliq menjelaskan, selama 1 tahun masa garansi kereta, INKA mengirim tim teknis dari Indonesia ke Bangladesh untuk menangani urusan layanan purna jual.

Sehingga, jika ada komplain dari pihak Bangladesh, INKA bisa segera merespons.

"Tim teknis antara 10-15 orang dibiayai oleh INKA, dari pihak Bangladesh memberikan fasilitas," terang Choliq. (hns/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed