Follow detikFinance
Senin 20 Mar 2017, 14:45 WIB

Hingga Februari, Kemenperin Hanya Serap Anggaran 8%

Yulida Medistiara - detikFinance
Hingga Februari, Kemenperin Hanya Serap Anggaran 8% Foto: Yulida Medistiara-detikFinance
Jakarta - Hingga bulan Februari serapan anggaran Kemenperin di tahun 2017 baru mencapai 8% atau Rp 226,16 miliar dari total pagu anggaran 2017 sebesar Rp 2,8 triliun. Sementara itu hingga Maret diprediksi Kemenperin telah menyerap anggaran hingga 10%.

"Selama Januari-Februari sudah sekitar 8% sebelum kuartal I, sekarang sudah 10% sampai Maret dari total Rp 2,8. Kuartal I kita targetnya 20%-an yang terserap," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar, di DPR, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

Ia mengatakan serapan tersebut paling banyak terserap di Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka; Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika; Industri Kecil dan Menengah, dan pengenbangan vokasi.

"Terserap banyak untuk program vokasi, ada program-program untuk penumbuhan industri, IKM," ujarnya.

Ia mengatakan pada Januari-Februari paling banyak menyerap pengembangan industri yang berkaitan dengan kementerian atau lembaga lain, serta sertifikasi SNI.

"Contohnya kita ada dalam kaitan mau mengembangkan industri hilirisasi agro, logam, itu banyak terkait dengan yang lain dan juga fasilitas yang harus disediakan dan dalam kaitan untuk SNI itu kan ada koordinasi dengan BSN, dan training-training," ujar Haris.

Sedangkan sepanjang tahun 2016, Kementerian Perindustrian merealisasikan penyerapan anggaran tahun 2016 senilai Rp 2,069 triliun atau 95,6% dari pagu anggaran sebesar Rp 2,164 triliun. Jumlah anggaran itu setelah dikurangi self blocking dan potongan anggaran sebesar Rp 1,224 triliun.

"Realisasi Kemenperin dari tanggal 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2016 sebesar Rp 2,069 triliun atau sebesar 95,6% dari total anggaran Rp 2,164 triliun," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed