Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Mar 2017 08:16 WIB

Kapal Perang Buatan BUMN Ini Mampu Angkut 500 Pasukan dan 20 Tank

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Pool Foto: Pool
Jakarta - PT PAL Indonesia (Persero) tengah merampungkan pembuatan kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) pesanan militer Filipina. Kapal kedua ini akan dikirim April 2017 mendatang.

Kapal perang ini mampu mengangkut penumpang hingga 500 pasukan militer dan 121 penumpang. Selain itu juga bisa mengangkut angkutan tempur lainnya, seperti tank hingga helikopter.

"Dia punya kapasitas yang Filipina punya 500 pasukan dia bisa angkut, 20 tank tempur dia bisa angkut, 2 helikopter. Sehingga kalau dalam keadaan tidak perang bisa angkut orang truk dan sebagainya," jelas Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero), Firmansyah Arifin, saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Minggu (26/3/2017).

Selain itu, kapal perang ini juga akan dilengkapi senjata di beberapa sisinya. Sehingga nantinya pihak militer Filipina bisa memasang senjatanya di atas kapal.

"Kemampuannya ini tentunya dia beli tanpa senjata. Dia bisa pasang senjata sendiri," tutur Firmansyah.

Selain untuk digunakan sebagai angkutan perang di laut, kapal perang SSV ini juga bisa digunakan sebagai angkutan untuk bantuan kemanusiaan.

"Ini sifatnya untuk bisa digunakan untuk operasi militer maupun operasi kemanusiaan, misalkan kaya di Indonesia digunakan untuk Aceh waktu kejadian di Aceh, kemudian Air Asia jatuh itu kapal komandonya di situ," tambah Firmansyah. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com