Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 30 Mar 2017 16:09 WIB

Apple Bangun Pusat Inovasi di BSD Rp 580 Miliar

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi Foto: detikINET/afr Ilustrasi Foto: detikINET/afr
Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan Apple akan membangun pusat penelitian dan pengembangan di Indonesia yang diberi nama Apple Innovation Center.

Menteri Perindustrian Arilangga Hartarto mengatakan, investasi yang disiapkan Apple dalam membangun Apple Innovation Center sebesar US$ 44 juta atau sekitar Rp 585 miliar (kurs Rp 13.300/dolar AS).

"Total investasinya US$ 44 juta," kata Airlangga di Komplek Istana, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Airlangga menambahkan, pembangunan pusat penelitian dan pengembangan Apple di Indonesia juga dalam rangka meningkatkan komponen dalam negeri pada produk Apple.

"Apple Inovation Center sedang berjalan. Mudah-mudahan bulan Mei ini, tadi Apple ketemu saya mudah-mudahan Apple ini sudah bisa, class-nya sudah bisa dimulai," tambahnya.

Apple Innovation Center telah dibangun di Bumi Serpon Damai (BSD), Kota Tangerang Selatan, Banten. Dia menambahkan, pada September pusat inovasi ini akan mulai merekrut sekitar 400 orang yang nantinya akan bekerja untuk Apple.

Adapun, kata Airlangga, pada pusat inovasi milik Apple ini juga nantinya akan mengembangkan aplikasi dari Apple itu sendiri.

"Jadi aplikasinya untuk Apple Inforentment tapi biasanya aplikasi ini bisa juga untuk yang non consumer base industry. Bisa juga aplikasi sesudahnya untuk enterprise aplikasi. Tetapi dengan masuknya Apple mendorong bahwa kebijakan yang dilakukan mengenai local content, inovasi, investasi yang baru di-introduce enam bulan yang lalu memang membuahkan hasil," jelasnya.

Tidak hanya itu, Airlangga mengungkapkan, pembangunan pusat inovasi Apple juga akan dilakukan di beberapa lokasi, hanya saja untuk tahap pertama di BSD.

"Sesudah satu cycle ini. Mereka membutuhkan trainer of trainer. Membutuhkan guru. Tahap pertama mereka bekerja sama dengan Binus. Bulan Mei ini sudah mulai untuk class yang lebih kecil. Tapi bulan Mei ini sudah merekrut untuk kampusnya. Lagi fitting," tandasnya. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com