Follow detikFinance
Jumat 31 Mar 2017, 15:17 WIB

Apa yang akan Dihasilkan Apple di Pusat Inovasi BSD?

Yulida Medistiara - detikFinance
Apa yang akan Dihasilkan Apple di Pusat Inovasi BSD? Foto: detikINET/afr
Jakarta - Perusahaan terkemuka dari Amerika Serikat, Apple Inc, berencana membangun pusat inovasi di Bumi Serpong Damai (BSD) Kota Tangerang Selatan, Banten. Pusat inovasi yang diberi nama Apple Innovation Center ini akan membuat apa?

Direktur Industri Elektronika dan Telematika, Kementerian Perindustrian, Achmad Rodjih Almanshoer mengatakan nantinya pusat riset Apple tersebut akan mengembangkan inovasi, membuat software, aplikasi, hingga menyiapkan SDM yang berkualitas sesuai dengan standar Apple.

"Basic-nya kan inovasi, sebenarnya dia mau mempersiapkan SDM Indonesia agar mampu dan mempunyai kualifikasi sertifikasinya Apple," ujar Achmad Rodjih, kepada detikFinance, di kantornya, Jumat (31/3/2017).

Ia mengatakan, Apple akan membuka kelas pelatihan agar SDM yang ada bisa membuat software atau pun inovasi yang sesuai dengan kualifikasi Apple. Nantinya produk yang diciptakan diharapkan tidak hanya aplikasi untuk smartphone tetapi bisa juga untuk software engineering atau lainnya.

"Nanti output-nya SDM yang bisa membuat aplikasi, software, tapi nanti tidak melulu di smartphone, tapi dengan kreativitasnya dia bisa membuat software untuk engineering, atau software aplikasi lainnya," ungkapnya.

Ditargetkan tenaga kerja yang terserap dari pembangunan R&D ini mencapai 400 orang. Sementara, pembangunan Apple Innovation Center ini membutuhkan investasi sekitar US$ 44 juta (Rp 585 miliar). (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed