Follow detikFinance
Jumat 31 Mar 2017, 16:19 WIB

Setelah di BSD, Apple akan Bangun 2 Pusat Inovasi Lagi

Yulida Medistiara - detikFinance
Setelah di BSD, Apple akan Bangun 2 Pusat Inovasi Lagi Foto: detikINET/afr
Jakarta - Apple berencana membangun pusat penelitian dan pengembangan atau research and development center (R&D) dengan dana investasi US$ 44 juta atau senilai Rp 585 miliar. Saat ini pembangunan pertama berlokasi di BSD.

Saat ini, pusat riset Apple di BSD dalam kondisi menyewa ke Sinar Mas Group untuk memakai lahan 2.000 meter persegi. Sebelumnya Tenaga Ahli Menteri Perindustrian Sanny Iskandar menyebut pusat riset Apple di BSD ini akan dibuat semacam Silicon Valley.

Setelah membangun pusat inovasi di BSD, rencananya Apple juga akan membangun 2 pusat inovasi lagi. Lokasinya berada di luar Jawa.

"Setelah di Jawa, nanti di luar Jakarta mungkin bisa di Sumatera, Makassar, Kalimantan, bisa di Bali," kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika, Kementerian Perindustrian, Achmad Rodjih Almanshoer, kepada detikFinance, di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2017).

Ia mengatakan dua lokasi lainnya belum diketahui secara pasti. Hal itu karena masih mau melihat perkembangan di lokasi pertama, yaitu di BSD.

"Belum pasti yang kedua dan tiga ini karena dia mau melihat dulu proses yang ini," ungkapnya.

Ia belum mengetahui nantinya di daerah Apple akan menggandeng perusahaan apa untuk membangun R&D. Bisa saja akan menggunakan lahan Pemda setempat, tidak lagi menyewa dari Sinar Mas Group.

"Mungkin kerja sama dengan daerah karena kebetulan di sini menggunakan lahan Sinar Mas," ujarnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed