Follow detikFinance
Senin 03 Apr 2017, 10:18 WIB

Sutrisno Jadi Plt Dirut PT PAL Gantikan Firmansyah Arifin

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Sutrisno Jadi Plt Dirut PT PAL Gantikan Firmansyah Arifin Maket kapal buatan PT PAL Indonesia (Foto: Ardan Adhi Chandra)
Jakarta - Direktur Utama PT PAL Indonesia M Firmansyah Arifin ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Firmansyah diduga menerima suap terkait pengadaan kapal ke Filipina.

Firmansyah tidak sendiri, Saiful Anwar selaku Direktur Keuangan dan Teknologi PT PAL Indonesia, dan Arief Cahyana selaku GM Treasury PT PAL Indonesia juga ikut ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan ditetapkannya Firmansyah sebagai tersangka oleh KPK, maka pada Jumat (31/3/2017) kemarin Dewan Komisaris telah menunjuk Sutrisno sebagai Plt Direktur Utama PT PAL Indonesia menggantikan M Firmansyah Arifin yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Sutrisno sebelumnya merupakan Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal PT PAL Indonesia.

"Yang ditunjuk Dewan Komisaris pada hari jumat lalu adalah Pak Sutrisno Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal PT PAL Indonesia," kata Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media, Fajar Harry Sampurno kepada detikFinance, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Sutrisno menjabat sebagai Plt Direktur Utama PT PAL Indonesia hingga akhir April. "Paling lama sesuai anggaran dasar demikian," tambah Harry.

Harry mengatakan bahwa sejak Februari lalu sudah mulai dilakukan proses pergantian Direktur Utama PT PAL Indonesia.

Dikonfirmasi secara terpisah, Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan bahwa hari ini akan dilakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) untuk menunjuk Direktur Utama PT PAL Indonesia secara definitif. Sedikitnya ada 3 calon yang disampaikan ke Tim Penilai Akhir (TPA) dan salah satunya sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Hari ini rencana ada penyerahan SK Dirut PAL secara definitif setelah melalui proses assessment independen, fit and proper test oleh tim Kementerian BUMN dan Ibu Menteri BUMN (Rini Soemarno) menyampaikan 3 calon ke TPA. Bapak Presiden (Jokowi) juga telah menyetujui Calon terpilih Dirut PAL," tutur Imam. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed