Follow detikFinance
Senin 03 Apr 2017, 12:06 WIB

Mengenal Sosok Sutrisno, Plt Dirut PT PAL

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Mengenal Sosok Sutrisno, Plt Dirut PT PAL Foto: Rois Jajeli
Jakarta - Mulai Jumat 31 Maret 2017 kemarin, Dewan Komisaris menunjuk Sutrisno untuk menduduki kursi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero). Sutrisno sementara ini menggantikan M Firmansyah Arifin yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dilihat dari profil jejaring sosial profesional Linkedin milik Sutrisno, ia menamatkan studi S2 di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Sutrisno meraih gelar Master di bidang Teknik Industri.

Sutrisno mengawali karirnya di PT PAL Indonesia (Persero) sejak tahun 1996. Di awal karirnya, ia menempati posisi sebagai Piping Designer hingga tahun 1998.
Mengenal Sosok Sutrisno, Plt Dirut PT PALPlt Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Foto: Istimewa

Selanjutnya, ia menduduki jabatan sebagai QA Inspector di PT PAL Indonesia hingga 1999. Posisinya pun berganti menjadi Quality Engineer dari 1999 hingga 2006.

Karirnya pun perlahan naik, di 2006-2008 ia menjabat sebagai Head of Quality Engineering Bureau dan di tahun 2008-2012 menjadi QA Engineering & Commissioning Manager.

Tak berhenti di situ, karirnya kian melonjak. Ia pun dipercaya menjabat sebagai General Manager QA & Standardization di tahun 2012-2014. Sebelum menjadi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal PT PAL Indonesia, Sutrisno pernah menjabat sebagai General Manager Logistics selama 2 tahun 3 bulan, dari tahun 2014-2016.

Saat ini, Sutrisno menjabat sebagai Plt Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero). Ia menjabat sampai ditentukannya Direktur Utama definitif oleh Dewan Komisaris dan pemegang saham dalam hal ini Kementerian BUMN.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan bahwa hari ini akan dilakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) untuk menunjuk Direktur Utama PT PAL Indonesia secara definitif. Sedikitnya ada 3 calon yang disampaikan ke Tim Penilai Akhir (TPA) dan salah satunya sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Hari ini rencana ada penyerahan SK Dirut PAL secara definitif setelah melalui proses assessment independen, fit and proper test oleh tim Kementerian BUMN dan Ibu Menteri BUMN (Rini Soemarno) menyampaikan 3 calon ke TPA. Bapak Presiden (Jokowi) juga telah menyetujui Calon terpilih Dirut PAL," tutur Imam kepada detikFinance, Jakarta, Senin (3/4/2017). (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed