Follow detikFinance
Rabu 19 Apr 2017, 08:24 WIB

Laporan dari China

Produsen SUV China ini Cari Partner di RI, Berminat?

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikFinance
Produsen SUV China ini Cari Partner di RI, Berminat? Foto: Nograhany Widhi
Changsha - Satu lagi perusahaan otomotif China yang mengincar pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yaitu Leopard. Perusahaan ini sedang mencari partner di Indonesia.

Hunan Leopard Auto Co Ltd berdiri sejak Agustus 2013 di bawah induk Changfeng Grup, BUMN China yang berdiri 67 tahun lalu dan eksis di Changsha sejak 2003. Sebelum berubah nama menjadi Leopard, namanya adalah Guangzhou Automobile Group (GAC) yang sempat memproduksi kendaraan militer dan memproduksi suku cadang bekerja sama dengan pabrikan Jepang, Mitsubishi dan Sumitomo.

"Pasar domestik adalah target utama kami. Bila memasuki pasar internasional maka produk Anda mesti memiliki kualitas dan kapabilitas," jelas General Manager Changfeng Grup, Liu Kanglin, saat menerima para jurnalis Asia Tenggara di Changsha, Hunan, China, Selasa (18/4/2017).

 Produsen SUV China ini Cari Partner di RI, Berminat?Foto: Nograhany Widhi


Dalam waktu dekat, negara Asia Tenggara yang dituju adalah Malaysia. Pada April 2017 ini, Leopard mengikuti pameran otomotif di Malaysia.

"Kami sudah ada perjanjian dengan suplier Malaysia. Kerja sama dengan kami adalah joint production. Kami akan memasukkan kendaraan kami untuk tes pasar, riset, dan melayani pasar," imbuh Liu.

Ditanya tentang strategi memenangkan persaingan dengan industri otomotif Jepang yang cukup mendominasi di ASEAN, Liu menambahkan pihaknya pernah bekerja sama produksi dengan Mitsubishi.

"Jadi sekarang produk kami lebih bagus dari produk Jepang dalam beberapa aspek," jelas dia.

 Produsen SUV China ini Cari Partner di RI, Berminat?Foto: Nograhany Widhi


Strategi SUV Leopard ini menantang mobil kelas sejenis dari Mitsubishi Pajero. Salah satu strateginya adalah memasang harga yang lebih kompetitif di kelas SUV. Tentang harga, SUV Leopard akan dijual di kisaran harga 100.000-130.000 RMB di Malaysia.

Bagaimana dengan Indonesia? Ditambahkan International Trade Department Business Manager Leopard, Honghua Long rencana untuk memasuki pasar Indonesia memang ada, namun baru sebatas kemauan belum sekonkret seperti di Malaysia.

"Kami baru aktif 3 tahun terakhir dalam produksi SUV dan masih fokus ke pasar domestik. Sebelumnya kami kan memproduksi kendaraan militer. Baru mulai mengarah ke pasar internasional tahun lalu," jelasnya.

 Produsen SUV China ini Cari Partner di RI, Berminat?Foto: Nograhany Widhi


Ditambahkan Honghua, pihaknya tak mau hanya membuka perwakilan penjualan saja bila masuk ke Indonesia. Seperti halnya Malaysia, pihaknya ingin joint production atau membangun pabrik perakitan mobil dengan mitra lokal dan pelayanan purna jual.

"Saat ini belum ada proposal penawaran yang masuk (dari Indonesia), maka dari itu kami mencari partner," jelasnya.

Ada yang minat?

 Produsen SUV China ini Cari Partner di RI, Berminat?Foto: Nograhany Widhi
(nwk/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed