Follow detikFinance
Rabu 19 Apr 2017, 15:04 WIB

Tahap Awal, Pesawat R80 Diproduksi 4 Unit

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Tahap Awal, Pesawat R80 Diproduksi 4 Unit Foto: detikINET - Rachmatunnisa
Jakarta - Pesawat R80 sesaat lagi memasuki tahap produksi. Produksi pesawat R80 menunggu diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) sebagai payung hukum.

Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI) Ilham Habibie menyebutkan, dalam tahap awal akan diproduksi sebanyak 4 unit. Sebanyak 4 pesawatcini nantinya yang diterbangkan sebanyak 2 unit, dan 2 unit lainnya untuk dilakukan uji struktur pesawat.

"Saya kira 2 terbang dan 2 tidak terbang. Karena desain pesawat kan ada pengujian struktur ditekuk sayap dan sebagainya," uhar Ilham di TPS 05 Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

Bahkan, lanjut Ilham, produksi prototipe pesawat memungkinkan untuk dibuat lebih dari 4 unit. Sehingga mempercepat proses uji kelaikan pesawat sebelum diterbitkan sertifikat.

"Bahkan biasanya lebih kalau kita mau mempercepat, khususnya untuk terbang. Jadi ada semacam program memang diharuskan oleh otoritas kita harus terbang ini, terbang itu, kalau kita punya 3 bukan 2 kan lebih cepat, karena di uji secara paralel ada biaya tambahan dan percepatan," tutup Ilham. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed