Follow detikFinance
Selasa 02 May 2017, 11:12 WIB

Minimalisir Kerugian, BUMN Kertas Ini Jualan Listrik

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Minimalisir Kerugian, BUMN Kertas Ini Jualan Listrik Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Kertas Kraft Aceh (KKA) menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sempat merugi beberapa tahun lalu. Perusahaan pelat merah yang bermarkas di Lhokseumawe, Aceh Utara memiliki fokus bisnis pada produksi kertas semen dalam negeri.

BUMN kertas tersebut perlahan mengubaharah bisnisnya dengan menjual listrik ke PT PLN (Persero) dari pembangkit yang dimilikinya. Sehingga perlahan bisa menutup kerugian yang dialami.

"KKA perkembangan terbaru power plant (pembangkit listrik) sudah bisa dimanfaatkan, bisa jual ke PLN, tapi saya enggak hafal kapasitasnya," ujar Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra kepada detikFinance di Kementerian BUMN, pekan lalu.

Hambra menambahkan, pembangkit listrik yang tadinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik pabrik kertas kini dijual langsung ke PLN. Hal ini merupakan salah satu bentuk sinergi antar BUMN untuk meminimalisir kerugian KKA.

"Tadinya buat pabrik, sekarang dijual ke PLN. Kan harus ke PLN memang dia sedang sinergi dengan BUMN," kata Hambra.

Salah satu BUMN kertas lainnya yang kurang sehat adalah PT Kertas Leces (Persero). BUMN yang juga memproduksi kertas ini berlokasi di Probolinggo, Jawa Timur dan dalam kajian restrukturisasi perusahaan.

"Leces sekarang masih proses pengkajian restrukturisasi, udah PKPU juga. Masih proses kajian restrukturisasi yang pas seperti apa," tutur Hambra. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed