Follow detikFinance
Selasa 02 May 2017, 21:38 WIB

KPK Kaji Dugaan Korupsi Dana Sawit, Sri Mulyani: Silakan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
KPK Kaji Dugaan Korupsi Dana Sawit, Sri Mulyani: Silakan Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Radar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap sinyal dugaan korupsi dalam pungutan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP) sawit. Salah satu indikasinya adalah masih lemahnya mekanisme perizinan yang rawan menjadi ladang korupsi hingga efektivitas pengelolaan pungutan sawit.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani pun mempersilakan KPK untuk melanjutkan kajian lebih mendalam terhadap BPDP sawit.

"Kalau menurut saya, kalau KPK punya temuan ya silakan saja," tutur Sri Mulyani di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2017).

Baca juga: KPK Telaah Laporan Dugaan Korupsi Dana Perkebunan Kelapa Sawit

Dalam kesempatan ini, Sri Mulyani juga berpesan agar industri kelapa sawit bisa memberikan dampak langsung dalam pemerataan ekonomi. Selain itu, pelaku industri sawit skala besar maupun kecil juga diminta untuk berlaku arif pada lingkungan, termasuk hal yang berkaitan dengan kebakaran hutan yang kerap terjadi.

"Sehingga persepsi dunia menjadi tidak positif terhadap industri ini. Sehingga itu perlu diperbaiki dari sisi aspek sustainabilitas," ujar Sri Mulyani.

Direktur Utama BPDP Kelapa Sawit, Dono Boestami mengapresiasi kepekaan KPK dalam melakukan kajian tersebut. Pihaknya pun sudah menerima usulan dari KPK dan akan memberikan pernyataan secara formal langsung ke KPK.

"Dalam waktu dekat ini mungkin akan kami akan keluarkan pernyataan secara tertulis, tapi intinya hasil kajian tersebut kami sudah menindaklanjutinya untuk kebaikan bersama," tutur Dono. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed