Follow detikFinance
Selasa 09 May 2017, 08:41 WIB

China Bikin Pesawat Saingan Airbus dan Boeing, RI Kapan?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
China Bikin Pesawat Saingan Airbus dan Boeing, RI Kapan? Foto: agung pambudhy
Jakarta - China sukses menerbangkan pesawat terbang sipil pertama buatannya, yang bakal menjadi saingan Airbus dan Boeing. Pesawat berbadan lebar C919 ini berhasil mengangkasa untuk uji terbang.

C919 dibuat oleh BUMN produsen pesawat China, yaitu Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC). Cita-cita China mengurangi ketergantungannya pada pesawat Airbus dan Boeing bisa terwujud.

Apakah PT Dirgantara Indonesia (PTDI) tertarik mengikuti jejak BUMN China?



"Jenis pesawat ini kan PTDI tidak membuat. Ini pesawat jet yang memang banyak kebutuhannya A320 sama B737 populasi sudah cukup banyak, memang ini pesawat yang sangat laku," kata Direktur Produksi PTDI, Arie Wibowo, saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Bukannya tidak mampu, hanya saja penjualan pesawat berbadan besar di dunia saat ini dikuasai oleh dua perusahaan raksasa, yaitu Airbus dan Boeing. Untuk dikenal sebagai produsen pesawat berbadan besar, lanjut Arie, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Sebetulnya bisa atau enggak, bisa-bisa saja, masalahnya apakah ekonomis atau tidak ekonomis. Sedangkan player yang sudah punya nama, Boeing dan Airbus. untuk melawan dua rakasa ini kan usahanya cukup besar dan butuh waktu lama. Kalau mulai sekarang mungkin 30-40 tahun baru bisa," jelas Arie.

Saat ini, PTDI sudah memasok beberapa komponen pesawat ke Airbus jenis A320, A350, dan A380.

"Sebenarnya komponen aerostructure sudah bisa kita bikin semua. Kita sudah dapat kontrak sudah lama," tutup Arie. (hns/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed