Follow detikFinance
Selasa 16 May 2017, 15:23 WIB

Pengusaha Deklarasi 16 Mei Jadi Hari Mebel Nasional

Tri Ispranoto - detikFinance
Pengusaha Deklarasi 16 Mei Jadi Hari Mebel Nasional Foto: Tri Ispranoto/detikcom
Cirebon - Para pengusaha yang tergabung dalam himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) mendeklarasikan 16 Mei sebagai Hari Mebel Indonesia yang pertama.

Ketua HIMKI, Sunoto menyebut, pemilihan Kabupaten Cirebon sebagai tempat deklarasi tak lain karena daerah tersebut menjadi salah satu sentra industri mebel terbesar di Indonesia. Sementara 16 Mei dipilih sesuai dengan bobot kursi rotan raksasa yang menjadi simbol deklarasi.

"Kebetulan bobot kursi rotan raksasa itu 1.605 kg jadi pas 16/05 tanggal yang kita pilih," jelas Sunoto usai deklarasi di Lapangan Garuda, Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Selasa (16/5/2017).

Sunoto mengatakan, tujuan pertama dari diselenggarakannya deklarasi tersebut adalah membangkitkan semangat tumbuh kembangnya industri mebel di Indonesia. Pasalnya Indonesia adalah surga bagi para pengusaha mebel dengan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah.

Dia berharap dengan bangkitnya industri mebel di Indonesia bisa membuka gerbang ekspor untuk melebarkan sayap. Salah satunya adalah memenuhi target pasar mebel di Amerika yang saat ini mencapai US$ 111 miliar per tahun.

"Target kita cukup memenuhi sekitar US$ 5 miliar. Tapi kita jangan sampai terlena untuk ekspor sementara domestik terlewatkan. Furnitur itu kebutuhan primer. Lihat saja tidak semua orang punya kendaraan tapi pasti semua orang minimal punya produk furnitur seperti kursi dan ranjang," beber Sunoto.

Tujuan selanjutnya, kata Sunoto, adalah menjadikan momen deklarasi sebagai titik awal menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk-produk buatan Indonesia. Pasalnya secara kualitas produk Indonesia bisa bersaing dengan luar negeri.

"Semua kualitas ada mulai rendah sampai tinggi. Kita berharap masyarakat, instansi, dan pemerintah untuk menggunakan produk lokal, dan kita sepakat pemerintah yang tidak menggunakan produk lokal akan kita catat dan umumkan pada publik," katanya.

Dalam acara tersebut deklarasi dilantangkan dari atas kursi rotan raksasa yang sudah sejak lama dibuat oleh para pengrajin sekitar. Nantinya setiap tanggal 16 Mei di tahun-tahun selanjutnya para pengusaha akan memperingati Hari Mebel Indonesia. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed