Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 09:46 WIB

Ini Kecanggihan Tank Buatan RI dan Turki

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ini Kecanggihan Tank Buatan RI dan Turki Tank Buatan RI dan Turki (Foto: Dok. Pindad)
Jakarta - PT Pindad (Persero) dan perusahaan asal Turki FNSS berkolaborasi dalam menggarap medium tank sejak 2015 lalu. Prototipe medium tank pertama pun sudah selesai dan dipamerkan dalam pameran internasional IDEF International Defence Industry Fair 2017 di Turki 9-12 Mei lalu.

Medium tank hasil kolaborasi kedua negara ini bermesin diesel dengan sistem transmisi otomatis (matic) ini memiliki berat 30-40 ton. Dengan ukurannya yang lebih kecil dari tank pada umumnya, medium tank 7 meter x 3,2 meter x 2,7 meter, ini mampu mengangkut 3 personel, terdiri dari juru kemudi, juru tembak, hingga pemberi komando.

Kerja sama pengembangan medium tank antara Pindad dan FNSS akan menghasilkan dua prototipe kendaraan perang tersebut. Medium tank yang dipamerkan di Turki merupakan prototipe pertama medium tank kolaborasi kedua negara.

"Pertama kita bikin bareng sama FNSS untuk verifikasi dan uji coba internal," ujar Kepala Program Pengembangan Medium Tank Pindad, Windhu Paramarta, saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Medium tank dengan nama Kaplan MT ini mampu melesat hingga 70 kilometer (km) per jam dengan jarak tempuh maksimal sekali jalan 450 km. Medium tank ini juga dilengkapi dengan meriam dengan kaliber 105 mm yang diadopsi dari Cockerill Maintenance & Ingenierie SA Defense dari Belgia dan 7.62 mm Coaxial Machine Gun.

Prototipe kedua sedang memasuki tahap produksi di Bandung, Jawa Barat. Meski tidak mengetahui berapa persis pihak yang terlibat, Windhu mengatakan, sedikitnya ada 15 desainer Pindad yang dilibatkan untuk merealisasikan medium tank tersebut.


Prototipe kedua yang digarap sendiri oleh Pindad ditargetkan selesai akhir tahun ini.

"Akhir tahun sih pengennya sudah selesai, kalau semua lancar akhr tahun (selesai) prototipe dua," tutur Windhu.

Ini Kecanggihan Tank Buatan RI dan TurkiFoto: Dok. Pindad
(ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed