Follow detikFinance
Jumat 19 May 2017, 14:54 WIB

Melihat Lebih Dekat Pabrik Pupuk Kujang di Cikampek

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Melihat Lebih Dekat Pabrik Pupuk Kujang di Cikampek Foto: Ardan Adhi Chandra
Cikampek - PT Pupuk Kujang sebagai salah satu anak usaha holding pupuk di bawah PT Pupuk Indonesia (Persero) memiliki kantor pusat di bilangan Cikampek, Jawa Barat. Pupuk Kujang menempati lahan seluas 550 hektar di sebuah kawasan yang terdiri dari kantor pusat, pabrik, perumahan karyawan, hingga sekolah.

Saat ini, Pupuk Kujang memiliki 2 pabrik pembuatan di satu kawasan yaitu Pabrik Kujang 1 A dan Pabrik Kujang 1 B untuk memproduksi pupuk urea dan NPK.

"Di sini ada 550 hektar kawasan industri, ada 2 pabrik yang sebagian besar amonia dan urea," jelas Direktur Produksi Pupuk Kujang, Maryono di Kantor Pupuk Kujang, Cikampek, Jumat (19/5/2017).

Penjagaan di kawasan pabrik terasa begitu ketat, hanya yang berkepentingan saja yang dapat memasuki area pabrik yang berada di ring 1. Mereka yang memasuki pabrik juga diwajibkan mengenakan alat pelindung diri (APD).

Kapasitas produksi Pupuk Kujang untuk urea mencapai 1.140.000 ton per tahun, pupuk NPK 200.000 ton per tahun, pupuk organik 20.000 ton per tahun. Angka tersebut melebihi kebutuhan pupuk untuk petani di kawasan Jawa Barat dan Banten.

Melihat Lebih Dekat Pabrik Pupuk Kujang di CikampekFoto: Ardan Adhi Chandra

"Kondisi kedua pabrik berjalan baik stok aman di daerah di sini 130% memenuhi musim tanam petani," ujar Maryono.

Masih di kawasan yang sama, Pupuk Kujang juga memiliki laboratorium riset khusus untuk mengembangkan produknya. Tim yang bekerja dalam laboratorium riset ini turun langsung ke lapangan untuk memeriksa keluhan petani dan meracik pupuk khusus. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed