Follow detikFinance
Selasa 13 Jun 2017, 18:24 WIB

KEIN Usul Pengembangan 4 Sektor Industri RI

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
KEIN Usul Pengembangan 4 Sektor Industri RI Ilustrasi Foto: (Kurnia/detikTravel)
Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menyampaikan strategi industrialisasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia jangka panjang hingga 2045. Sedikitnya ada 4 prioritas sektor industri yang akan dikembangkan, antara lain industri agro, maritim, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

"Roadmap industrialisasi kita menemukan bahwa ada 4 sektor harus diprioritaskan atau prioritas pilihan industri dalam menumbuhkan ekonomi nasional," ujar Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir dalam FGD Pandangan dan Solusi Komite Ekonomi dan Industri Nasional terhadap Perkembangan Perekonomian Nasional Terkini di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2017).

Keempat industri ini, lanjut Soetrisno, diharapkan tidak hanya menyumbangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik lagi, juga dapat menyerap tenaga kerja dalam negeri dan mengurangi pengangguran. Sehingga ketimpangan di Indonesia bisa semakin berkurang.

"Pilihan industri mengajak mereka dan untuk jangan meninggalkan mereka," kata Soetrisno.

KEIN melihat keempat sektor industri memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan di Indonesia. Sehingga perlu didorong lebih kuat lagi untuk bisa berkembang lebih besar lagi.

"Empat sektor ada di Indonesia, sumber daya alamnya agro ada, maritim ada, pariwisata ada, ekonomi kreatif juga banyak. Orang Indonesia juga punya talenta kreatif ini bisa menjadi sektor yang mengangkat ekonomi kita," ucap Soetrisno.

Daya saing industri agro dalam negeri juga salah satunya ditingkatkan untuk mengurangi volume impor buah dan sayur dari negara lain. Padahal sumber daya alam dan tanah di Indonesia begitu subur.

"Sekarang kan tidak kompetitif agro industri kita punya buah-buahan, punya lam tidak buat kita bisa berkompetisi dengan negara lain misalnya Thailand," ujar Soetrisno. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed