Follow detikFinance
Selasa 13 Jun 2017, 21:13 WIB

KEIN: Beras, Gula dan Daging Dijual di Atas Harga Pemerintah

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
KEIN: Beras, Gula dan Daging Dijual di Atas Harga Pemerintah Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menyebutkan adanya beberapa harga bahan pangan yang berada di atas harga acuan yang ditetapkan pemerintah. Beberapa bahan pangan yang berada di atas harga acuan pemerintah, antara lain gula pasir, beras, hingga daging beku.

"Gula, beras, daging semua di atas harga acuan sejak September. Ada yang di bawah harga acuan tapi kita lihat agregatnya di atas harga acuan," kata Wakil Ketua KEIN Arief Budimanta dalam FGD Pandangan dan Solusi Komite Ekonomi dan Industri Nasional terhadap Perkembangan Perekonomian Nasional Terkini di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2017).


Dengan adanya temuan ini, lanjut Arief, bisa mendorong inflasi yang disumbangkan dari volatile food. Selain itu, dengan adanya inflasi bisa menurunkan daya beli masyarakat.

"Kasus ini mendorong inflasi yang bisa menurunkan daya beli masyarakat," kata Arief.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini, bahkan Arief menyebutkan membuat masyarakat kini tak lagi memikirkan untuk membeli baju baru. Masyarakat kini lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan primernya yaitu pangan.

"Lebaran enggak mikirin baju baru tapi makan. Baju ya kalau ada yang bagus tahun kemarin itu aja dulu," kata Arief. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed