Follow detikFinance
Minggu 09 Jul 2017, 16:39 WIB

Kapal Perang Buatan Surabaya Diminati Nigeria

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Kapal Perang Buatan Surabaya Diminati Nigeria Foto: Pool
Jakarta - Setelah sukses mengirimkan kapal perang ke Filipina, PT PAL Indonesia (Persero) kini tengah menjajaki pengadaan kapal perang untuk Nigeria. Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, bahwa Nigeria tertarik mendatangkan kapal perang buatan PAL Indonesia dan kedua pihak sudah melakukan pembicaraan untuk pengadaannya.

Menurut Harry untuk pelaksanaan pembuatan kapal perang tersebut masih belum dapat ditentukan apakah berjenis Perusak Kapal Rudal (PKR) atau Strategic Sealift Vessel (SSV) karena akan menyesuaikan kebutuhan serta pendanaan negara tersebut.

Kapal SSVKapal SSV Foto: Rois Jajeli

"Realisasi pengadaan kapal perang ini akan disesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran dari negara tersebut. Jika tahun ini (2017) terjadi kesepakatan maka kemungkinan kapal pesanan Nigeria diperkirakan bisa diselesaikan dan diserahkan pada tahun 2019," kata Harry dalam keterangan tertulis seperti dikutip detikFinance, Jakarta, Minggu (9/7/2017).

Sebelumnya, pada September 2016 PT PAL Indonesia (Persero) sebagai salah satu industri strategis yang memproduksi alat utama sistem pertahanan Indonesia khususnya untuk matra laut telah sukses mengekspor kapal perang pesanan Filipina jenis SSV.

Kapal Buatan PT PALKapal Buatan PT PAL Foto: Imam Wahyudiyanta

Kapal perang dengan kecepatan maksimal 16 knot itu diberi nama Davao Del Sur. Spesifikasi umum kapal SSV itu termasuk panjang 123,0 meter, lebar 21,8 meter, serat air 5 meter, bobot 7.200 ton.

Kapal perang ini mampu mengangkut 621 penumpang dengan rincian 121 kru dan 500 pasukan. Kapal ini juga mampu mengangkut dua helikopter sekaligus dengan tipe Black Hawk dan Agusta 109.

Selain itu, kapal ini juga mampu mengangkut beberapa kendaraan perang seperti truk hingga ambulans dan dilengkapi dengan meriam kaliber 76 mm. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed