Follow detikFinance
Senin 10 Jul 2017, 08:50 WIB

Ini Alasan Bangladesh Kepincut Kereta Made in Madiun

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Ini Alasan Bangladesh Kepincut Kereta Made in Madiun Foto: Dok. PT INKA
Jakarta - Bangladesh, salah satu negara di kawasan Asia Selatan, kepincut kereta buatan PT INKA (Persero). Tahun ini, BUMN produsen kereta yang berbasis di Madiun, Jawa Timur, menang tender 50 unit kereta penumpang kelas ekonomi jenis BG atau Broad Gauge.

Selanjutnya, tahun ini, INKA ikut tender 200 unit kereta penumpang kelas ekonomi jenis MG atau Meter Gauge. INKA optimistis bisa memenangi tender ini, karena bukan hanya kali ini memproduksi kereta untuk Bangladesh.

Sebelumnya, INKA memenangi tender pengadaan 150 kereta penumpang. Sebanyak 150 kereta penumpang tersebut terdiri dari 100 unit tipe MG (Meter Gauge) dan 50 unit tipe BG (Broad Gauge) yang telah sukses dikirim ke Bangladesh pada November 2016 lalu.

Pada 2012, INKA juga mengirim 50 unit kereta ekonomi pesanan Bangladesh. Lantas, kenapa Bangladesh kepincut kereta made in Madiun?

"Pertama, produk kami yang sudah dikirim ke Bangladesh kualitasnya bisa dijamin dan beda dengan yang ada di sana," ujar Senior Manager Humas Protokoler dan PKBL PT INKA, M. Choliq kepada detikFinance, pekan lalu.

Kedua, dari segi harga dan spesifikasi, produk kereta INKA lebih kompetitif dibanding produsen dari negara lain. Ketiga, INKA memberikan lanyanan purnajual dengan membuka kantor perwakilan di Bangladesh.

"Dari suku cadang maupun personil untuk perawatan kita punya kantor di Bangladesh untuk backup operasional kereta yang sudah dikirim. Kereta juga masih ada garansi selama setahun," pungkas Choliq.

(hns/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed