Follow detikFinance
Senin 10 Jul 2017, 13:05 WIB

Tips Meniti Karir dari Si Cantik Pemasok Garmen Uniqlo dan Adidas

Danang Sugianto - detikFinance
Tips Meniti Karir dari Si Cantik Pemasok Garmen Uniqlo dan Adidas Wakil Direktur Utama Pan Brothers Anne Patricia Sutanto. Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Di era emansipasi, wanita tentu memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan pria. Kini sudah banyak wanita-wanita sukses yang menduduki posisi penting.

detikFinance berkesempatan untuk wawancara eksklusif dengan salah satu wanita yang terbilang sukses dalam karir yakni Wakil Direktur Utama PT Pan Brothers Tbk (PRBX), Anne Patricia Sutanto.

Menurut Anne sebesar apapun hasrat seorang wanita untuk mengejar kesuksesan harus menyadari dulu kodratnya sebagai istri dan ibu. Oleh karena itu restu dari anak dan suami cukup penting sebelum fokus meniti karir.

"Kita harus tahu bahwa kodratnya kita sebagai istri dan ibu. Untuk itu kita harus kembalikan lagi kepada suami dan anak, ketika ingin mengambil keputusan. Apakah mereka bisa mendukung karir kita? kalau enggak ya tidak usah. Mendingan kita membatasi karir kita melebihi dari proporsi," tuturnya saat berbincang dengan detikFinance seperti ditulis Senin (9/7/2017).
Sebenarnya, kata Anne, jika suami dan anak mendukung, maka akan lebih leluasa berkomitmen untuk meniti karir. Sebab, semakin tinggi jenjang karir maka semakin besar tanggung jawab yang waktu yang tercurah.

"Kita harus paham setiap level itu ada komitmen waktu, nah suami harus tahu. Memang diperlukan pasangan hidup yang baik yang mengerti untuk kita bisa berkarir. Karena ada banyak pengorbanan dari keluarga agar kita bisa menunjang karir. Tapi mereka memang harus ikhlas," imbuhnya.

Anne mengaku dirinya sebagai wanita yang beruntung karena mendapatkan restu dari suami dan anak-anaknya. Dua anaknya yang kini berkulias di Amerika Serikat (AS), selalu mendukungnya untuk terus bekerja.

Bahkan anak-anaknya hanya akan mengganggu dirinya ketika ada permasalahan yang sangat penting saja. Hal itu menurut Anne juga membuat kedua anaknya lebih mandiri dalam menghadapi permasalahan.

Selain itu, kata Anne, pahami dulu kondisi keluarga. Jika Anda memiliki anak yang butuh perhatian lebih, maka sang anak jauh lebih penting ketimbang karir.

"Kondisi keluargakan juga berbeda-beda, kebetulan anak-anak saya sehat wal afiat. Tapi mungkin kan ada anak yang kurang beruntung. Ya kita tidak boleh egois, oh saya mau karir tapi anak terlantar di rumah, itu omong kosong," tegasnya.

Meski harus berada dirumah bukan berarti Anda tidak bisa sukses. Menurut Anne banyak hal yang bisa dilakukan walau hanya di rumah, salah satunya jualan produk atau jasa melalui online.

"Kita perlu mengetahui keterbatasan, bukan hanya dari sisi mampu atau tidak, tapi dari sisi sekitarnya juga. Kalau sekitarnya tidak mendukung, ya harus beradaptasi dan kita harus menerimanya," imbuhnya.

Anne berpesan, jangan pernah melihat orang lain, tapi lihatkan diri sendiri dan sekitar untuk mengukur kemampuan Anda. Jika Anda dan lingkungan Anda mendukung maka jangan ragu untuk mengejar mimpi.

Jika kondisi diri sendiri dan keluarga mendukung, menurut Anne akan lebih terasa bahagia menjalankannya. Jika bahagia menjalankannya maka hasilnya pun akan lebih baik.
Tips Meniti Karir dari Si Cantik Pemasok Garmen Uniqlo dan AdidasWakil Direktur Utama Pan Brothers Anne Patricia Sutanto. Foto: Danang Sugianto/detikFinance

"Saya selalu ngomong ke semua wanita , kita jangan lihat rumput tetangga karena rumput tetangga itu selalu lebih hijau. Kita lihat rumput sendiri kalau kurang hijau bagaimana caranya supaya lebih hijau. Jangan lihat tetangga, itu tidak ada habisnya, yang penting kita masih punya rumput," tukasnya.

Ada empat prinsip dalam bekerja yang selalu dipegang Anne, yakni kerja keras, kerja pintar, kerja presisi, dan kerja ikhlas. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed