Follow detikFinance
Rabu 12 Jul 2017, 18:23 WIB

RI di Mata Investor China: Penduduk Ramah dan Pasar Potensial

Muhammad Idris - detikFinance
RI di Mata Investor China: Penduduk Ramah dan Pasar Potensial Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Indonesia masih dipandang sebagai surga investasi bagi sejumlah negara, China salah satunya. Beberapa daya tarik bagi investor yakni ketersediaan tenaga kerja, bahan baku, pasar produk, dan regulasi yang semakin mudah.

Yang Qingyun, General Manager Shandong Water Conservancy Construction International Engineering Group Co. Ltd, mengatakan setidaknya dua hal di Indonesia yang membuat banyak pemodal China begitu antusias berinvestasi.

"Itu kalau di Indonesia, orang Indonesia itu sangat ramah, dan saya juga merasa itu pasar Indonesia miliki potensi yang luar biasa," ucap Yang ditemui di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Perusahaannya sendiri saat ini masih melihat peluang-peluang untuk membangun fasilitas pengolahan air bersih di Indonesia, termasuk mencari lokasi dan mitra lokal.

"Dari pihak Shandong Water Resources juga sangat berkeinginan juga bisa buka investasi di pasar Indonesia. Sekarang masih dalam tahap cari kesempatan. Masih belum (investasi), berharap bisa nanti membuka bisnis di Indonesia," jelas Yang.

Ada 3 wilayah yang sudah diincar perusahaan BUMN China tersebut, yakni Sumatera Utara, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Utara.

"Ada di 3 koridor ekonomi yaitu di Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sumatera Utara. Kami sangat berminat. Saya belum ke sana, harapannya dua bulan lagi bisa datang ke sana. Kita ini BUMN di Shangdong," ungkap Yang.

Setali tiga uang, Chen Zemin, CEO Zhengzhou Demeter New Energy Technolocy Co. Ltd., menceritakan suasana keramahan orang Indonesia membuat investor asal Negeri Tirai Bambu tersebut cukup kerasan untuk menanamkan modalnya.

"Orang Indonesia sangat ramah. Sayang sekali dalam beberapa kali datang pertemuan ke Indonesia belum sempat datang langsung ke lapangan. Saya harap nantinya bisa mengecek langsung ke lapangan, saya sendiri perusahaan swasta dari Provinsi Henan," tutur Chen. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed