Follow detikFinance
Selasa 08 Aug 2017, 11:55 WIB

Penampakan Senjata Made In Bandung yang Bisa Tembus Baja

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Penampakan Senjata Made In Bandung yang Bisa Tembus Baja Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - PT Pindad (Persero) salah satu BUMN yang memproduksi alat pertahanan asal Bandung kembali memamerkan senjata laras panjang jagoannya dalam acara Bekraf Habibie Festival 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Senjata laras panjang SPR-2 dipajang di salah satu etalase booth Pindad yang kualitasnya tidak kalah dengan produk sejenis buatan luar negeri.

SPR-2 memiliki panjang 1.055 mm dengan berat 19,5 kilogram (kg). Senapan laras panjang ini mampu menampung peluru kaliber 12,7 × 99 mm.

"Kaliber pelurunya 12,7 mm masuk kategori senjata berat, senjata laras panjang. Senjata ringan itu kalibernya sampai 7,62 mm, kalau ke atas senjata berat," kata Engineer Senjata Pindad, Cun Siswandar saat bernincang dengan detikFinance dalam acara Bekraf Habibie Festival 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Senapan SPR 2 Bisa Tembus BajaSenapan SPR 2 Bisa Tembus Baja Foto: Ardan Adhi Chandra

Dalam sekali tembak, peluru yang dilontarkan SPR-2 bisa melesat sejauh 2 kilometer (km). Peluru dengan kaliber 12,7 × 99 mm juga bisa menembus lapisan baja dengan ketebalan 10 mm atau 1 cm.

"Jarak tempuhnya effective range sampai 2.000 meter. Bisa menembus material tank," kata Cun.

Senapan SPR 2 Bisa Tembus BajaSenapan SPR 2 Bisa Tembus Baja Foto: Ardan Adhi Chandra

Pihaknya menambahkan SPR-2 saat ini masih digunakan di dalam negeri untuk kebutuhan militer. Pasalnya, SPR-2 masih diproduksi terbatas.

"Luar negeri belum dipakai, untuk memasok dalam negeri. Dengan kapasitas produksi belum begitu banyak masih fokus dalam negeri," ujar Cun.

Senapan SPR 2 Bisa Tembus BajaSenapan SPR 2 Bisa Tembus Baja Foto: Ardan Adhi Chandra
(ara/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed