Follow detikFinance
Selasa 08 Aug 2017, 12:43 WIB

Nyonya Meneer Pailit, Sido Muncul Masih Genjot Produksi dan Ekspor

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Nyonya Meneer Pailit, Sido Muncul Masih Genjot Produksi dan Ekspor Foto: Dok. Sido Muncul
Jakarta - Salah satu produsen jamu legendaris, Nyonya Meneer, dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga (PN) Semarang. Apakah industri jamu lokal mulai meredup?

Pemain lokal lain di industri jamu nasional, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), justru masih terus ekspansi.

Seperti dikutip dari bahan presentasi Sido Muncul untuk Public Expose di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (8/8/2017), ada beberapa rencana ekspansi yang akan dilakukan produsen KukuBima tersebut.



Pertama, menyelesaikan fasilitas produksi jamu cair yang akan selesai tahun ini. Kedua, Fasilitas baru itu akan menambah kapasitas produksi jamu cair menjadi dua kali lipat dari kapasitas terpasang.

Sedangkan yang ketiga adalah meningkatkan volume penjualan ekspor. Selama ini jamu produksi emiten berkode SIDO itu sudah terbang ke beberapa negara.

Beberapa negara tujuan ekspor produsen Tolak Angin itu adalah Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Australia, Saudi Arabia, Pakistan, Nigeria, Togo, Kanada, Mauritius, Suriname, Belanda, dan Amerika Serikat (AS).

Produk-produk Sido Muncul yang dikenal masyarakat antara lain KukuBima, Temulawak, Kopi Jahe, dan lain-lain.


Selain bermain di industri jamu, perusahaan yang didirikan oleh Rahkmat Sulistio itu juga bergerak di industri farmasi dan mamin (makanan dan minuman) melalui beberapa anak usahanya yaitu PT Semarang Herbal Indo Plant, PT Muncul Mekar, dan PT Berlico Mulia Farma.

Sebanyak 81% saham Sido Muncul dikuasai PT Hotel Candi Baru. Sementara 19% sisanya tersebar di publik, dan bisa dibeli melalui pasar modal. Berikut susunan pengurus Sido Muncul:

Dewan Komisaris
Presiden Komisaris: Sigit Hartojo Hadi Santoso
Komisaris: Johan Hidayat
Komisaris Independen: Budi Setiawan Pranoto

Dewan Direksi
Presiden Direktur: Jonatha Sofjan Hidayat
Direktur: Irwan Hidayat
Direktur: David Hidayat
Direktur: Venancia Sri Indrijati
Direktur Independen: Carlo Lukman Windarto (ang/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed