Follow detikFinance
Selasa 08 Aug 2017, 13:25 WIB

Ini Senjata Pindad yang Dipakai TNI AD Menang Lomba Tembak ASEAN

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ini Senjata Pindad yang Dipakai TNI AD Menang Lomba Tembak ASEAN Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - Kontingen TNI AD berhasil keluar sebagai juara umum lomba menembak pada ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-26 tahun lalu. Prajurit TNI AD berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan memakai senjata buatan PT Pindad (Persero), BUMN yang berlokasi di Bandung.

Kontingen Indonesia memakai sejumlah jenis senjata buatan Pindad. Di antaranya senapan SS2-V1 Heavy Barrel dan karaben SS2-V2 Heavy Barrel.

Dalam pameran Bekraf Habibie Festival 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta ditampilkan salah satu senjata yang digunakan kontingen Indonesia yang serupa, yaitu SS2-V4 HB.


"Ini dipakai di lomba tembak prestisius pesertanya tidak hanya dari Asia Tenggara saja, ada dari Amerika Serikat (AS), Australia, Inggris," kata Sekretaris Perusahaan Pindad, Bayu Arif Fiantoro saat berbincang dengan detikFinance di Bekraf Habibie Festival 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Bayu mengungkapkan kemenangan Indonesia dalam lomba tembak AARM tersebut juga tidak terlepas dari kemampuan para TNI AD yang sudah terlatih. Selain itu, kualitas senjata buatan Pindad juga menjadi pendukung kemenangan kontingen Indonesia tersebut.

"Ini juga kan dari senjata, skill dan amunisi," kata Bayu.


SS2-V4 HB memiliki dimensi panjang 1025 mm atau 782 mm dengan posisi bagian dalam senapan dilipat. Amunisi senjata SS2-V4 HB dilengkapi dengan kaliber 5,56 × 45 mm dengan jarak tembak maksimal 600 meter.

Berat senjata buatan Bandung ini mencapai 5,11 kg dengan amunisi penuh di dalam magasin dan 4,75 kg dalam posisi tanpa amunisi. (ara/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed