Follow detikFinance
Selasa 08 Aug 2017, 14:53 WIB

Selain Senjata dan Tank, Pindad Juga Bikin Ekskavator

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Selain Senjata dan Tank, Pindad Juga Bikin Ekskavator Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - PT Pindad (Persero) selama ini dikenal sebagai BUMN yang membuat peralatan pertahanan dan keamanan kini sudah melakukan ekspansi. BUMN yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, ini sudah memproduksi alat berat, yaitu ekskavator.

Dalam pameran Bekraf Habibie Festival 2017, Pindad memamerkan miniatur ekskavator buatannya yang diberi nama Pindad Excava 200. Diproduksinya ekskavator oleh Pindad menjadi bukti bahwa BUMN mampu membuat alat berat yang digunakan untuk keperluan konstruksi dan lainnya.

Pindad Excava 200 memiliki panjang 9,542 meter dengan lebar 2,895 meter. Tinggi ekskavator mencapai 3,193 meter dengan kemampuan operasi mencapai lebih dari 9 meter.

Kapasitas bagian depan ekskavator atau bucket capacity mencapai 0,8 meter kubik dengan kemampuan galian 6,3 meter.
Selain Senjata dan Tank, Pindad Juga Bikin EkskavatorFoto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance

Sekretaris Perusahaan Pindad, Bayu Arif Fiantoro menyatakan bahwa sejauh ini sudah ada komitmen pembelian dari Kementerian PUPR sebanyak 500 uni ekskavator beberapa tahun lalu. Namun, hingga kini realisasinya belum mencapai separuhnya.

"Ada pesanan waktu itu dari PUPR 500, tapi sampai sekarang baru 79," ujar Bayu saat berbincang dengan detikFinance di Bekraf Habibie Festival 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Produksi ekskavator oleh Pindad dilakukan untuk memenuhi kebutuhan alat berat di dalam negeri. Sehingga diharapkan ketergantungan alat berat dari luar negeri bisa berkurang.
Selain Senjata dan Tank, Pindad Juga Bikin EkskavatorFoto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
(ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed