Follow detikFinance
Rabu 09 Aug 2017, 17:59 WIB

Nyonya Meneer Pailit, Beredar Kabar Mau Dibeli Sido Muncul

Danang Sugianto - detikFinance
Nyonya Meneer Pailit, Beredar Kabar Mau Dibeli Sido Muncul Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta - Perusahaan produsen jamu legendaris Nyonya Meneer telah dinyatakan pailit alias bangkrut oleh Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Setelah kabar itu beredar, berkembang isu PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) akan membeli produsen jamu legendaris itu.

Hal itu lantas dibantah oleh Sido Muncul. Menurut Direktur Keuangan Sido Muncul, Venancia Sri Indijati, dengan status pailit sebuah perusahaan tentunya tidak bisa diakuisisi.

"Kaitanya Nyonya Meneer bangkrut dipailitkan dan diisukan kami akuisisi itu tidak benar. Karena tentu tidak bisa diakuisisi juga karena sudah dilakukan pernyataan pailit," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Meskipun begitu, Venancia menegaskan bahwa Sido Muncul tidak pernah berniat untuk mencaplok Nyonya Meneer. Pihaknya masih fokus mengembangkan perusahaan.


Diberitakan sebelumnya, Venancia memandang salah satu penyebab Nyonya Meneer tumbang mungkin karena masih mengembangkan produk jamu tradisional. Sementara Sido Muncul masih bisa bertahan hingga saat ini lantaran mengedepankan inovasi dan modernisasi produk-produknya.

"So far (sejauh ini) kita masih jalan seperti biasanya. Produknya beda, mungkin Nyonya Meneer masih bergerak di tradisional jamu. Di Sido Muncul produk jamu tradisional sebagian kecil, yang lainnya sudah kita modernisasi. Kita lebih dahulu melakukan inovasi untuk bisa tumbuh," tuturnya.

Salah satu contoh modernisasi produk Sido Muncul yang berhasil adalah Tolak Angin. Dulu produk tersebut masih berbentuk sangat tradisional, namun kini Sido Muncul sudah tenar bukan hanya di Indonesia tapi juga di negara lain. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed