Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 13:32 WIB

Harga Garam Naik 100%, Sudah Seminggu Lebih Belum Turun

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Harga Garam Naik 100%, Sudah Seminggu Lebih Belum Turun Foto: Citra Fitri Mardiana-detikFinance
FOKUS BERITA RI Darurat Garam
Jakarta - Harga garam yang melambung tinggi sudah terjadi lebih dari satu minggu belakangan. Harga garam rata-rata naik hingga 100%.

Pernyataan tersebut diakui pedagang sembako di Pasar Minggu, bernama Hendra. Seperti garam yang semula berukuran 200 gram dijualnya Rp 2.000 per bungkus, sudah lebih dari seminggu dirinya menjual Rp 4.000 per bungkus.

Garam di Pasar MingguGaram di Pasar Minggu Foto: Citra Fitri Mardiana-detikFinance

Begitu juga dengan harga garam dengan ukuran 500 gram yang dijual semula dengan harga Rp 5.000 per bungkus naik menjadi Rp 8.000 per bungkus.

"Masih sama saja (harganya), masih tinggi. yang tadinya Rp 5.000 masih jual Rp 8.000, yang tadinya Rp 2.000 masih jual Rp 4.000. masih sama. Sudah semingguan lah, lebih," ungkap Hendra kepada detikFinance, Jumat (11/8/2017).

Dirinya mencontohkan, untuk ukuran 1 pack isi 10 bungkus berukuran masing-masing 200 gram pedagang membeli dengan harga sekitar Rp 37 ribu, padahal sebelumnya harganya hanya berkisar Rp 18 ribu.

Garam di Pasar MingguGaram di Pasar Minggu Foto: Citra Fitri Mardiana-detikFinance

Hal senada juga diakui pedagang lain bernama Roni. Menurutnya, harga yang tinggi disebabkan oleh pasokan garam yang sulit diperoleh di tingkat distributor.

"Saya biasanya jual garam-garam yang bagusan yang bening. Tapi karena dari sananya kosong, ya seadanya saja jual merek-merek begini. Agak keruh kan, habis engak ada lagi," ujarnya. (dna/dna)
FOKUS BERITA RI Darurat Garam
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed