Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 15:35 WIB

Duet RI-Malaysia Lawan Kampanye Hitam Soal Sawit

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Duet RI-Malaysia Lawan Kampanye Hitam Soal Sawit Foto: Bagus Prihantoro Nugroho
Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Sri Anifah Aman di Istana Negara, Jakarta. Kelapa sawit menjadi perbincangan hangat dalam pertemuan tersebut.

Retno menyampaikan, Malaysia dan Indonesia sepakat untuk melawan kampanye hitam sawit yang marak dilakukan negara-negara kawasan Uni Eropa.

"Nah kita berkolaborasi melalui Council of Palm Oil Producing Countries sehingga dengan sinergi 2 negara produsen kelapa sawit yang besar ini diharapkan daya tawar kita semakin naik, kita bisa mempromosikan kelapa sawit yang lestari, yang sustainable, dan tentunya juga dapat merespons kampanye-kampanye hitam yang terus menyerang kelapa sawit," ungkap Retno usai pertemuan di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Duet RI-Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit Duet RI-Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit Foto: Bagus Prihantoro Nugroho

Indonesia, kata Retno telah menyiapkan bayak riset yang mendukung penggunaan kelapa sawit oleh masyarakat. Riset itu nantinya akan digabungkan dengan berbagai penelitian dari Malaysia.


"Kita dari Indonesia sudah menyiapkan banyak sekali hasil riset yang akan kita gunakan untuk men-counter kampanye-kampanye hitam. Kalau itu kita lakukan berdua dengan Malaysia kita yakin dampaknya akan lebih optimal," paparnya.

Duet RI-Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit Duet RI-Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit Foto: Bagus Prihantoro Nugroho

Hal lain yang turut dibahas adalah perdagangan dan investasi. Sejauh ini perdagangan memang sedikit menurun, akan tetapi secara volume masih ada peningkatan. Retno menyatakan adanya penurunan harga untuk beberapa komoditas utama.

Pada 2016 lalu, nilai perdagangan kedua negara sudah mencapai US$ 15 miliar. "Jadi sebenarnya kalau dilihat dari volume terjadi kenaikan, tetapi kalau dari nilai terlihat ada penurunan," tukasnya.

Duet RI-Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit Duet RI-Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit Foto: Bagus Prihantoro Nugroho


(mkj/mca)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed