Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Agu 2017 16:48 WIB

Resmikan Pabrik Katup di Serang, Arcandra: Bisa Kurangi Impor

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Foto: Bahtiar Rifai Foto: Bahtiar Rifa'i
Serang - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, meresmikan sekaligus memantau pabrik teknologi katup di kawasan industri Cikande, Serang. Ia mengapresiasi kehadiran manufaktur teknologi katup karena dapat mengurangi impor tersebut.

"Ini usaha awal, ke depan harus kita dukung. Kalau kita bisa mengurangi impor dan menggantikan dengan produksi dalam negeri, itu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita. Efeknya bisa dua kali lipat," kata Arcandra saat berkunjung ke PT. Teknologi Rekayasa Katup di Cikande, Kabupaten Serang, Selasa (15/8/2017).

Arcandra juga mengatakan, pemerintah pusat dan daerah Serang serta Banten terbuka untuk investasi pengembangan teknologi serupa.

"Kita sudah bicara juga dukungan penuh dari Bupati Serang dan Gubernur Banten siap untuk memajukan industri dan investor yang datang," tutur Arcandra.

Menurut Arcandra, untuk industri teknologi katup di Serang ini agar memiliki sertifikasi kualifikasi yang pas dengan harga yang kompetitif. Dua aspek ini menurutnya penting untuk mendorong industri yang efisien.

"Seberapa kuat pun kita membentengi dari segi regulasi, tapi kalau tidak sesuai dengan spek dan harganya kemahalan, ini yang menjadi semua orang menjadi susah," katanya.

Terakhir, ia mengatakan lewat peresmian teknologi katup yang ada di Serang ini membuka jalan bagi industri lain turunannya. Pemerintah, pemda, kepolisian juga TNI juga diminta agar memberikan rasa aman agar investasi terus berkembang dan bertahan. (bri/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com