Follow detikFinance
Kamis 17 Aug 2017, 18:33 WIB

Sarinah Bakal Jual Produk RI di Mekah Akhir Tahun Ini

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Sarinah Bakal Jual Produk RI di Mekah Akhir Tahun Ini Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ritel Indonesia, PT Sarinah (Persero), akan menjual produk asli Indonesia di Mekah, Arab Saudi pada kuartal IV-2017. Ekspansi ini dilakukan Sarinah dengan menggandeng pengusaha lokal.

Nantinya, pengusaha lokal asal Mekah akan memfasilitasi infrastruktur pendukung dan Sarinah akan memasok produk yang akan dijual. Semua barang yang dijual juga berasal dari Indonesia mulai dari kerajinan tangan, furniture, hingga hingga batik.

"Target kita mungkin triwulan terakhir 2017 ini sudah ada cabang Sarinah di Mekah. Ini kita tidak investasi, tapi kerja sama dengan pengusaha lokal. Mereka siapkan infrastrukturnya, kami produknya," kata Direktur Utama Sarinah, Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2017).

Pembeli yang ditargetkan oleh Sarinah di Mekah tak lain para pengusaha yang bergerak di sektor pariwisata dan jemaah haji dan umrah asal Indonesia. Pasalnya, Sarinah akan menyediakan beragam produk khas Indonesia yang tak ditemui di tempat lain.

"Target kita memang adalah para pengusaha, baik hotel pariwisata di Timur Tengah khususnya di Saudi Arabia. kedua memang mendukung program pemerintah untuk jemaah haji maupun yang umrah," tutur Sugiarta.

Potensi jemaah haji setiap tahunnya dan ditambah dengan jemaah umrah asal Indonesia yang jumlahnya mencapai jutaan dapat dimanfaatkan Sarinah untuk meningkatkan penjualannya.

Selain itu, Sarinah berencana melakukan ekspansi penjualan ke Hong Kong dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) di 2018 mendatang.

"Kalau untuk yang di sini kita sinergi BUMN Insya Allah kami akan buka di Hong Kong bekerjasama dengan BNI. Mereka ada tempatnya, kita ada produknya," tutup Sugiarta. (ara/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed