Follow detikFinance
Jumat 18 Aug 2017, 21:16 WIB

Sudah Ada 300 Calon Pembeli Gula Rafinasi Lewat Lelang

Danang Sugianto - detikFinance
Sudah Ada 300 Calon Pembeli Gula Rafinasi Lewat Lelang Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Perdagangan telah telah menunjuk PT Pasar Komoditas Jakarta (PKJ) sebagai penyelenggara pasar lelang gula kristal rafinasi (GKR). Ditargetkan pada 1 Oktober 2017 akan dimulai proses pengadaan GKR melalui lelang di pasar komoditas.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, proses pengadaan GKR secara lelang sudah hampir rampung. Bahkan dia mencatat sudah ada industri mamin baik kelas IKM maupun besar yang sudah mendaftar untuk menjadi pembelinya.

"Sekarang mereka masih daftar terus. Sekarang sudah ada lebih dari 300 buyer-nya. Sementara seller-nya ada 11," tuturnya di Kantor PKJ, Gedung BEI, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Enggar sangat yakin pengadaan GKR secara lelang di PKJ akan memberikan kesempatan yang sama IKM untuk mendapatkan pasokan GKR. Sebab selama ini diduga penyerapan GKR didominasi oleh industri mamin besar. Sementara untuk IKM hanya dapat rembesan atau sisa pasokan yang ada.

Enggar juga mengatakan, nantinya dari pasokan GKR yang ada sekitar 20% akan dialokasikan khusus untuk pembeli IKM. Bahkan nantinya juga akan jadwal khusus perdagangan GKR untuk IKM.

"Paling tidak dilakukan itu, bahkan pada awal-awal nanti itu jam-jam tertentu itu melayani IKM dulu baru yang besar," tegasnya.

Dirinya pun berharap dengan kebijakan baru ini, para IKM mamin bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengembangkan bisnisnya. Sebab kesempatan untuk mendapatkan bahan GKR sudah setara. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed