Follow detikFinance
Kamis 31 Aug 2017, 11:43 WIB

Harga Semen di Waingapu dan Rote Turun dari Rp 55.000 Jadi Rp 47.500

Imam Wahyudiyanto - detikFinance
Harga Semen di Waingapu dan Rote Turun dari Rp 55.000 Jadi Rp 47.500 Foto: Imam Wahyudiyanto
Surabaya - Pelindo III mengirim 2.700 sak semen ke Waingapu dan Rote, NTT. Ribuan sak semen itu diangkut ke dalam enam peti kemas yang masing-masing berisi 450 sak.

"Pengiriman semen ke daerah Waingapu dan Rote ini merupakan program Rumah Kita yang diinisiasi Menteri Perhubungan," ujar Dirut Pelindo III I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra kepada wartawan seusai pengangkutan peti kemas berisi semen di Dermaga Jamrud Selatan Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis (31/8/2017).

Harga Semen di Waingapu dan Rote Turun dari Rp 55.000 Jadi Rp 47.500Semen di NTT (Foto: Imam Wahyudiyanto)

Pria yang akrab disapa Ari ini mengatakan, tujuan pengiriman semen ini untuk menurunkan disparitas harga semen di sana. Dalam pengiriman semen ini, Pelindo III tak sendiri. Semen Indonesia, Bulog, dan Pelni juga turut membantu.

"Kalau kami menyiapkan tempatnya, warehouse (gudang atau tempat penyimpanan). Semen Indonesia untuk semennya. Bulog untuk pengiriman sembako yang akan dilakukan, dan Pelni untuk distribusi," kata Ari.

Semen di RoteSemen di Rote Foto: Imam Wahyudiyanto

Ari menyebut pengiriman semen ke NTT tersebut bisa menurunkan harga semen 14-16 %. Dari harga Rp 55.000, bisa turun menjadi Rp 47.500. Ari mengatakan bahwa tidak ada subsidi dalam pengiriman semen ini dan juga tak ada yang dirugikan.

"Kami tidak merugi. Dijual dengan harga sedikit margin. Untung tapi wajar. Istilahnya margin yang terukur," lanjut Ari.

Semen di RoteSemen di Rote Foto: Imam Wahyudiyanto

Pengiriman semen hari ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, pada April 2017 Pelindo III juga mengirim semen. Ada tiga peti kemas berisi ribuan semen yang dikirim ke tiga tujuan yakni Kupang, Waingapu, dan Rote. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed