Follow detikFinance
Rabu 06 Sep 2017, 17:47 WIB

Perusahaan Malaysia Borong Saham RS Hermina Rp 600 Miliar

Danang Sugianto - detikFinance
Perusahaan Malaysia Borong Saham RS Hermina Rp 600 Miliar Ilustrasi Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Creador mengumumkan telah mengakuisisi sebagian kecil saham PT Medikaloka Hermina. Perusahaan ekuitas asal Malaysia tersebut menggelontorkan dana senilai Rp 600 miliar untuk aksi korporasi tersebut.

Menurut Senior Managing Director Creador, Cyril Noerhadi, pihaknya tertarik mengakuisisi Hermina lantaran memandang sektor kesehatan akan terus tumbuh, selaras dengan pertumbuhan ekonomi yang digenjot oleh pemerintah.

"Hermina juga merupakan salah satu rumah sakit yang tumbuh pesat. Mereka sudah punya 25 rumah sakit dengan jumlah 2.600 tempat tidur. Nah yang membuat kami melihat Hermina sangat tumbuh besar dan mereka masih punya ambisi untuk terus tumbuh," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Creador yang didirikan oleh pengusaha Malaysia, Brahmal Vasudevan, ini telah menggelontorkan dana sekitar US$ 100 juta untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan rumah sakit dan farmasi di 3 negara yakni India, Malaysia dan Indonesia. Sementara toal investasi Creador di Indonesia mencapai US$ 200 juta. Adapun total dana kelolaan (assets under management/AUM) Creador sebesar US$ 900 juta.

"Kita memang ingin berinvestasi di perusahaan produk atau jasa yang di konsumsi, seperti makanan dan minuman, perbankan termasuk rumah sakit. Artinya perusahaan komoditas kami tidak tertarik," tuturnya.

Sementara Presiden Direktur Hermina Dr. Hasmoro mengatakan, dana tersebut akan digunakan perseroan untuk sebagai modal untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Tahun ini Hermina berenca menambah 5 rumah sakit baru.

"Kita sudah buka di Makassar dan Balikpapan. Lalu mau buka lagi di Medan, Purwokerto dan Podomoro. Tahun depan depan 5 lagi. Sudah groundbrekaing di Samarinda, Jakabaring, Padang, Manado dan Surabaya," tuturnya.

Adapun perkiraan investasi untuk membangun 1 rumah sakit dengan isi 50 tempat tidur diperkirakan sekitar Rp 80-100 miliar. Hermina pun menargetkan hingga 2020 bisa menambah rumah sakit dengan total tambahan 1.400 tempat tidur lagi.

Namun Hasmoro enggan mengungkapkan berapa persen Creador mengepit saham di Hermina. Sementara saat ini pemegang saham PT Medikaloka Hermina terbagi 13 individu yang merupakan doktor pendiri dari rumah sakit yang sudah beroperasi sejak 1975.

Selain Creador, Hasmoro mengungkapkan akan ada 2 investor lagi yang akan masuk ke Hermina.

"Tapi kita pastikan porsinya minoritas. Kami ingin tetap menjadi pengendali," tukasnya.

Hermina juga berencana melantai di pasar modal. Rencana perseroan akan melakukan IPO di tahun depan.

"Rinciannya belum bisa kita sampaikan," tutup Hasmoro. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed