Follow detikFinance
Rabu 06 Sep 2017, 19:45 WIB

RI Tujuan Ekspor Kapas AS Nomor 4 Dunia, Ini Alasannya

Muhammad Idris - detikFinance
RI Tujuan Ekspor Kapas AS Nomor 4 Dunia, Ini Alasannya Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Indonesia merupakan salah satu negara importir kapas dari Amerika Serikat. Indonesia menempati posisi ke-4 setelah China, Turki, dan Meksiko.

Lantas, apa alasan AS menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar ekspor kapas?

"Dari Kementerian Perindustrian total konsumsi tekstil tumbuh 3%, semoga bisa. Karena nanti ada banyak yang muda-muda menikah make baby, harus butuh cotton, GDP juga tumbuh 5%. Natalitas (angka kelahiran) 1,7%. If you don't make more babies, no more growt cloth, dan populasi Indonesia 260 juta dan akan naik-naik terus," kata Program Representative Cotton Council International (CCI), Anh Dung Do, ditemui di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (6/9/2017).


Menurut dia, kapas dari Negeri Paman Sam sudah terkenal sangat berkualitas. Ini dibarengi meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap produk fashion yang berkualitas ikut mendorong permintaan kapas dari AS.

Saat ini, dengan nilai ekspor kapas AS ke Indonesia bisa mencapai US$ 400 juta- US$ 500 juta/tahun, menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar keempat kapas AS.

"Di Indonesia pasar kapas itu tumbuhnya 3% setahun. Ini bisa diukur dari total konsumsi dan industri tekstil. Dan semoga bisa tercapai karena nanti banyak muda-mudi. Indonesia itu terbesar keempat di dunia yang impor kapas dari AS. Pertama China, kedua Turki, kemudian Meksiko, Indonesia nomor 4," terang Dung.

(idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed