Follow detikFinance
Kamis 28 Sep 2017, 19:08 WIB

Pesawat R80 Besutan Habibie Diproduksi Massal 2024

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Pesawat R80 Besutan Habibie Diproduksi Massal 2024 Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Pesawat R80 rancangan B. J. Habibie akan segera diproduksi massal di 2024 mendatang. Awalnya akan dikembangkan prototype-nya oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) milik Habibie dan putra ketiganya Ilham Habibie.

"Jadi kita produksi mulai produksi massal di 2024," kata Presiden Direktur RAI, Agung Nugroho, di Perpustakaan Habibie Ainun, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2017).

Saat ini, pesawat R80 memasuki tahap desain awal dan akan dilanjutkan pengembangan prototype-nya tahun depan seiring sudah terkumpulnya dana. Setelah pengembangan prototype selesai, pesawat memasuki uji terbang dan uji darat yang selanjutnya mendapatkan sertifikat dari Kementerian Perhubungan dan kemudian bisa diproduksi massal. Jika diproduksi massal di 2024, pesawat R80 bisa dijual ke publik di 2025 mendatang.

"Pengembangan butuh kira-kira 6 tahun, untuk terbang sampai dilanjutkan dengan pengujian dua tahun untuk entry service, artinya kita sudah bisa mulai jualan 2025," ujar Agung.

Di tahap awal, RAI akan menggunakan fasilitas produksi milik PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI). Selanjutnya, produksi dilakukan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Jawa Barat.

"Itu planning kita. Prototype dibuat sampai assembly di PTDI. Kalau Kertajati siap ya produksinya sudah bisa di Kertajati. Kalau belum siap di PTDI sampai flight test selesai," kata Agung.

Agung menambahkan, beberapa maskapai dalam negeri puj sudah berminat membeli pesawat R80 rancangan Habibie. Keempat maskapai tersebut, antara lain Kalstar, Nam Air, Trigana Air, dan Aviastar hingga 155 unit.

"Ada empat, belum ada yang baru. Masih empat itu, untuk 155 unit pesawat," ujar Agung. (ara/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed