Follow detikFinance
Jumat 29 Sep 2017, 08:42 WIB

Mesin Ini Bisa Produksi 150 Lemari Dalam Sehari

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Mesin Ini Bisa Produksi 150 Lemari Dalam Sehari Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Gelaran International Furniture Manufacturing Components (IFMAC) Exhibition 2017 masih dibuka. Salah satu yang ditampilkan dalam acara itu adalah mesin pemotong kayu Vitap. Mesin ini didistribusikan oleh PT Aplha Ayu Utama Mandiri yang didatangkan dari Italia.

Staff Marketing PT Alpha Utama Mandiri, Suryanto, menjelaskan mesin ini berfungsi untuk memproses pekerjaan pendukung berbagai interior. Mulai dari lemari, hingga kitchen set.

Dengan mesin ini, material kayu dapat potong berbagai bentuk dan ukuran hingga nantinya menjadi disusun menjadi sebuah interior. Prosesnya pun serba otomatis, hanya tinggal memasukan desain kayu yang diinginkan ke dalam program komputer, kemudian mesin akan bekerja dengan sendirinya.

"Jadi nanti tinggal masukan kayu, terus berikan desainnya lalu diprogram. Jadi sekali masuk ke mesin, kayu sudah otomatis, di sana semua di proses. Nanti keluar dari mesin, kayu sudah terbentuk semua," kata Suryanto ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Dengan mesin ini, kata Suryanto, proses pemotongan dan pembentukan dapat berjalan dengan waktu singkat, yakni hanya sekitar satu menit. Jauh lebih cepat dibandingkan cara manual yang membutuhkan waktu hingga 30 menit.
Mesin Ini Bisa Produksi 150 Lemari Dalam SehariFoto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Dalam satu hari, mesin ini diperkirakan dapat memproduksi furniture seperti lemari hingga 150 buah. Itu menjadi keunggulan sendiri bagi mesin ini, sebab pemotongan kayu jauh lebih cepat dibanding mesin lainnya dan pemotongan manual.

"Kira-kira dalam 24 sama dengan produksi sampai 150 lemari. Itu hitungannya ya, karena kan pemotongannya cepat," terangnya.

Untuk bisa mendapatkan mesin ini, pembeli perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Pasalnya, mesin yang didatangkan dari Italia ini sendiri dijual dengan harga yang tinggi, yakni sekitar Rp 1,1 miliar per unitnya.
Mesin Ini Bisa Produksi 150 Lemari Dalam SehariFoto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
(dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed