Follow detikFinance
Jumat 29 Sep 2017, 13:10 WIB

BUMN: Pindah Pabrik PTDI Hingga Pindad ke Lampung Baru Usulan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
BUMN: Pindah Pabrik PTDI Hingga Pindad ke Lampung Baru Usulan Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Pabrik PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI), PT Pindad (Persero), dan PT PAL Indonesia (Persero) rencananya akan dipindahkan ke Lampung. Rencana pemindahan pabrik ketiga industri strategis tersebut karena masih ada lahan luas di wilayah Lampung untuk didirikan pabrik.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, menjelaskan rencana tersebut belum dibicarakan serius. Bahkan, dia memgaku mengetahui rencana tersebut dari media massa.

"Belum ada. Kita belum diberitahu, kita tahunya dari media," kata Harry di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2017).

Harry menambahkan, belum ada kajian lahan untuk lokasi pemindahan ketiga pabrik industri strategis tersebut ke Lampung. Rencana pemindahan pabrik BUMN strategis tersebut pun dikatakan baru usulan awal.

"Lahan belum ada kajian. Hanya usulan awal. Kita butuhkan lahan sama sekali belum ada komunikasi," tutur Harry.

Baca juga: Ada Rencana Pabrik PTDI Hingga Pindad Dipindah ke Lampung

Ia pun mengakui ada rencana pemanfaatan lahan untuk galangan kapal di daerah lain. Hanya saja rencana ini belum dikaji lebih matang.

"Memang ada rencana pemanfaatan lahan khususnya untuk galangan kapal," tutur Harry.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu berencana memindahkan semua industri pertahanan mulai dari PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia (DI) dan PT PAL ke Lampung. Bahkan pihaknya telah menyiapkan 10 ribu hektar lahan untuk merealisasikan rencana tersebut.

Alasannya, melihat kebutuhan industri pertahanan yang semakin maju, maka perlu ada satu tempat yang cukup besar sehingga bisa mengembangkan industri pertananan nasional secara maksimal.

"Industri pertahanan makin lama makin maju. Dibuat modern. (Maka) perlu tempat besar," kata Ryamizard di kantor PT Pindad, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (18/9/2017). (ara/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed