Follow detikFinance
Rabu 11 Oct 2017, 08:52 WIB

Laporan dari Brussel

Kesepakatan Rp 6 Triliun Usai JK Bertemu Kadin Belgia

Rina Atriana - detikFinance
Kesepakatan Rp 6 Triliun Usai JK Bertemu Kadin Belgia Foto: Rina Atriana
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Belgia di Brussel. Usai pertemuan tersebut disebutkan ada sedikitnya 5 kesepakatan (MoU) yang ditandatangani.

"Di dalam pertemuan tadi juga ditandatangani beberapa MoU. Tiga MoU dan juga MoU sister city antara Jawa Barat dengan Wallonia, Bandung dengan Namur," ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, usai pertemuan di Brussel, Selasa (10/10/2017).

Kesepakatan di bidang ekonomi sedikitnya diperkirakan mempunyai nilai investasi lebih dari US$ 450 juta (sekitar Rp 6 triliun).

Kesepakatan-kesepakatan tersebut antara lain, kerja sama PT Pelindo I dengan PT Van Oord Indonesia dan Dredging International Asia Pacific, tentang proyek pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Kesepakatan Rp 6 Triliun Usai JK Bertemu Kadin BelgiaFoto: Rina Atriana


Kemudian kerja sama antara PT Valdo Investama dengan Siat Group, yang diperkirakan mendatangkan investasi US$ 50 juta. Serta kerja sama antara PT Humpuss Intermoda Transportasi dengan Exmar Nv yang disebutkan nilai investasinya akan sebesar US$ 400 juta.


Sementara itu kesepakatan sister city yang dilakukan Jawa Barat dan Bandung, ditandatangani langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Tentu ini diawali dengan beragam pertemuan sebelumnya ya. Bidang perdagangan, industri, termasuk seni budaya, pendidikan," tutur Ahmad Heryawan ditemui usai pembukaan Europalia di Brussel pada hari yang sama. (rna/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed