Follow detikFinance
Sabtu 21 Oct 2017, 17:28 WIB

Begini Cara Pemerintah Kembalikan Kejayaan Rotan

Sudirman Wamad - detikFinance
Begini Cara Pemerintah Kembalikan Kejayaan Rotan Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar Cirebon Internasional Furniture Expo (Cifex) 2017 di Kampung Wisata Galmantro, Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra mengatakan Cifex 2017 merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mempromosikan dan mengembalikan kejayaan produksi rotan di Cirebon.

"Kabupaten Cirebon ini harus menjadi daerah penghasil produksi rotan terbesar di Indonesia. Untuk itu, kita harus melestarikan dan meningkatkan nilai ekspor rotan di Cirebon," kata Sunjaya usai memberi sambutan pada acara Cifex 2017, Sabtu (21/10/2017).

Berbagai jenis produk kerajinan rotan asli Cirebon dipamerkan. Ia berharap kerajinan rotan Cirebon kembali berjaya di pasar lokal maupun internasional.

"Kita pamerkan dengan tujuan agar menarik pasar lokal maupun internasional. Cifex ini akan kita jadikan sebagai agenda tahunan kita," ucap Sunjaya.

Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Sunoto mengatakan sebesar 80 persen bahan baku rotan mentah di dunia ada di Indonesia. Untuk bisa mengembalikan kejayaan kerajinan rotan Indonesia, lanjut Sunoto, salah satunya dengan memberhentikan ekspor bahan baku rotan.

"Kita (HIMKI) sudah bertemu dengan Presiden Jokowi waktu jadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi siap untuk memberhentikan ekspor. Saya juga berharap, kepada rekan-rekan Kementrian Perdagangan (Kemendag) untuk tidak mengekspor bahan baku rotan," kata Sunoto.

Selain pelarangan ekspor, menurut Sunoto, sisa bahan baku rotan yang tak terpakai bisa dikaji oleh pemerintah melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Menurut dia, bahan baku rotan yang tak terpakai bisa dilebur untuk dimanfaatkan kembali.

"Mari kita duduk bersama untuk membicarakan soal rotan ini. Kemudian, Cifex ini merupakan pameran yang sifatnya internasional, tujuannya bisa meningkatkan ekspor kerajinan rotan," ujar Sunoto.
Begini Cara Pemerintah Kembalikan Kejayaan RotanFoto: Sudirman Wamad

Setelah Cirebon, sambungnya, rencananya pameran dengan konsep yang sama digelar di Jerman pada Januari 2018, lalu di Jakarta pada bulan Maret, dan dilanjut ke Bali.

Kementerian Perindustrian mengapresiasi Cifex 2017. Dirjen Industri Agro Kementrian Perindustrian Panggah Susanto mengatakan saat ini pemerintah sudah memberhentikan ekspor bahan baku rotan. Namun, ia menjelaskan, perlu ada dorongan di tingkatan perajin dan pengusaha rotan.

"Industri pendorongnya belum memadai. Untuk itu kita atur lagi, karena pelarangan ekspor ini (bahan baku) sudah cukup lama. Perlu penanganan yang serius untuk menjadikan rotan sebagai industri dunia. Saya sepakat dengan Bupati Cirebon untuk melestarikan rotan di Cirebon," kata Panggah dalam sambutannya.

Begini Cara Pemerintah Kembalikan Kejayaan RotanFoto: Sudirman Wamad
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed