Follow detikFinance
Jumat 10 Nov 2017, 14:32 WIB

Pesawat N219 Nurtanio Diminati Maskapai Carter Hingga Gubernur

Hendra Kusuma - detikFinance
Pesawat N219 Nurtanio Diminati Maskapai Carter Hingga Gubernur Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Pesawat N219 Nurtanio made in Bandung, Jawa Barat dipastikan sudah banyak yang meminati. Mulai dari maskapai carter hingga pemerintah daerah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Tenaga Ahli Pengembangan Pesawat Terbang PTDI, Andi Alisjahbana di Base Ops Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Andi mengakui, sampai saat ini manajemen PT Dirgantara Indonesia (PTDI) masih enggan mengungkapkan secara pasti siapa saja yang minat untuk membeli pesawat berkapasitas 19 orang ini.

"Ada beberapa airline lah, airline kecil-kecil untuk carter, lalu kita belum mau publish tapi interest itu banyak sampai kepada pemda-pemda juga, beberapa gubernur juga udah menyatakan bahwa mau beli," kata Andi.

Dia mengungkapkan, pesawat N219 yang merupakan buah dari kerjasama PTDI dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) juga ditujukan untuk dikomersialkan atau dijual. Apalagi, menurut dia, Dirgantara Indonesia sampai saat ini telah berhasil memproduksi 400 pesawat dengan berbagai tipe.

"Jadi tujuan kita pasti seperti pesawat pesawat produksi kita yang lain, ingin masuk ke industri, percuma kalau kita membuat tidak bisa menjual ngapain? kita bukan lembaga riset ya. Kita lembaga industri, lembaga industri itu membuat untuk menjual," ungkap dia.

Tidak hanya itu, pembuatan pesawat N219 juga telah disesuaikan dengan selera atau keinginan para pembeli.

"Ini dirancang kenapa penumpangnya begini, kenapa bentuknya begini, karena pembelinya udah memberikan input saya mau begini, mau begitu," tukas dia. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed