Follow detikFinance
Selasa, 19 Des 2017 13:35 WIB

Tak Hanya Mobil Listrik, ITS Juga Pamer Super Car ke Jokowi

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Dana Aditiasari/detikFinance Foto: Dana Aditiasari/detikFinance
Jakarta - Dalam kesempatan peresmian jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) akan memamerkan sejumlah kendaraan hasil desain mahasiswanya yakni mobil listrik Ezzy II, motor listrik Gesits dan Bus Listrik.

Tak hanya itu, ITS juga akan memamerkan mobil sport atau supercar yang diberi nama Lowo Ireng. Lowo Ireng adalah bahasa jawa yang berarti Kelelawar Hitam.

"Lowo ireng itu identk dengan ITS. Karena kami hidupnya seperti kelelawar, lebih banyak di malam hari," kata Muhammad Nur Yuniarto, yang merupakan Dosen Teknik Mesin ITS sekaligus Direktur PUI SKO ITS, saat berbincang dengan detikFinance, Selasa (19/12/2017).

Berbeda dengan Ezzy yang merupakan mobil listrik, Lowo Ireng adalah mobil mesin berbahan bakar minyak. Pengembangan yang dilakukan oleh ITS lebih pada desain mobil, dari mulai bentuk, sistem pengapian hingga sistem keamanan.

Sistem pengapian yang didesain mahasiswa ITS yang diberi nama ECU Iqueteche, disandingkan dengan mesin Mitsubishi 6A13 Twin Turbo V6 2,5 liter dengan output 276 TK pada 5.500 rpm dan torsi 367 Nm pada 4.000 rpm buatan Jepang.


Mobil berkapasitas dua orang penumpang ini memiliki bobot total 900 kg dengan sasis Chromoly Space Frame dengan bodi berbahan plat galvanish 0,6 mm.

Ke depan, mobil ini juga akan dikembangkan dengan konsep mobil listrik.

"Kita rencananya akan bikin Lowo Ireng II yang pakai mesin listrik," tandas dia.

Tak Hanya Mobil Listrik, ITS Juga Pamer Super Car ke JokowiFoto: Dana Aditiasari/detikFinance
Tak Hanya Mobil Listrik, ITS Juga Pamer Super Car ke JokowiFoto: Dana Aditiasari/detikFinance
(dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed