Follow detikFinance
Rabu, 20 Des 2017 22:10 WIB

Kemendag Godok Strategi Lawan Kampanye Hitam Sawit Eropa

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto
Jakarta - Sawit RI mendapat tekanan berupa kampanye hitam di Eropa. Terkait dengan hal ini, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyusun strategi menghadapi kampanye hitam itu.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Iman Pambagyo menjelaskan masih menyusun strategi menghadapi kampanye hitam tersebut. Upaya ini juga akan melibatkan industri di eropa yang memakai produk sawit Indonesia.

"Kita masih menyusun strategi bagaimana menghadapinya tapi kita nggak bisa head sound gitu saja. Pertama kita harus mendapatkan industri yang memakai kelapa sawit di sana, jadi mereka juga harus bersuara karena ini menyangkut bisnis mereka," kata Iman di Jakarta, Rabu (20/12/2017).


Lebih lanjut, pihaknya juga akan melihat persoalan tersebut dalam konteks lingkungan dan kesehatan. Sehingga pihaknya masih menyusun strategi menangkis kampanye hitam sawit.

Iman mengatakan, penyusunan ini nantinya akan melibatkan kementerian dan lembaga terkait. Selain itu juga para pelaku usaha kelapa sawit itu sendiri.


Iman menambahkan, kampanye hitam tersebut belum berpengaruh signifikan ke industri kelapa sawit Indonesia.

"Sampai sekarang belum terlalu signifikan, tapi kita antisipasi jangan sampai babak belur baru kita bereaksi. Jadi sekarang masih duduk untuk menyusun narasi dan ke depannya akan lebih kuat," pungkas Iman. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed