Follow detikFinance
Rabu, 27 Des 2017 19:11 WIB

Pembuatan Kereta LRT Jabodebek Ditargetkan Selesai April 2019

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Dok. PT INKA Foto: Dok. PT INKA
Jakarta - PT INKA (Persero) telah melakukan perjanjian kredit sindikasi atau pinjaman ke sejumlah perbankan untuk proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dengan nilai Rp 4,05 triliun. Pinjaman tersebut digunakan untuk pengadaan sarana kereta LRT Jabodebek.

Pelaksana Tugas Dirut PT INKA, Mohamad Nur Sodiq, mengatakan dana pinjaman tersebut akan secepatanya dimanfaatkan dalam pengadaan 31 trainset LRT Jabodebek.

"Kita dikejar waktu ya, karena delivery timenya itu kita diharapkan selesai di bulan ke-16," kata Sodiq usai melakukan penandatanganan di Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Sodiq menargetkan, pengadaan kereta untuk LRT Jabodebek itu bisa selesai pada April 2019 mendatang.

"Sekarang kita tarik saja, kalau kita bisa sign hari ini, berarti bulan depan kita bisa mulai kontrak untuk pengadaan sarananya itu, maka April 2019 saya kira kereta sudah harus selesai," katanya.

Nantinya, INKA juga akan melakukan kontrak perjanjian dengan PT KAI dalam hal pengadaan kereta LRT Jabodebek.

"Tentunya seperti diketahui, LRT Jabodebek ini dari pemerintah ke KAI. Nanti kontrak dengan KAI. Ini sudah dalam proses judicial review, kita harap minggu ke dua Januari lah. Minggu ke dua sudah bisa signing dengna KAI. Ini jumlah trainset 31 ada 186 car (gerbong). Jadi 1 trainset isi 6 car. Jadi total 186 car," katanya.

Adapun, sejumlah bank yang memberikan pinjaman antara lain PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Sarana Multi lnfrastruktur (Persero) dan PT Bank Sumitomo Mitsui lndonesia dengan nilai total Rp 4,05 triliun dengan masa pinjaman selama 30 bulan.

"Ini sindikasi dari 3 lembaga, perbankan dan SMI, prinsip kita atur sedemikian rupa. Porsinya masing-masing ada, tapi totalnya adalah Rp 4,05 triliun. Jadi rinciannya nanti ada deh. Intinya kami semua komit. Kalau kupon, kita deal lah dengan masing. Tenornya 30 bulan," katanya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed